Game dengan Kata "Memory" Jadi Terlarang

Kompas.com - 16/11/2012, 17:54 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Ternyata desain "sudut membulat" bukan satu-satunya hal biasa yang bisa dipatenkan. Sebuah pengembang game bernama Ravensburger baru-baru ini dikabarkan mendapat hak cipta atas kata "memory" dalam judul game.

Karena itulah, Ravensburger yang menguasai hak cipta atas kata tersebut mengimbau pengembang (developer) lain agar menarik aplikasi yang mengandung kata serupa di bagian judulnya dari App Store Apple.

Hak cipta Ravensburger diakui di 42 negara, termasuk Perancis, Mesir, Jerman, Spanyol, Brazil, Korea Selatan, dan Turki. Apple sendiri disebutkan telah meneruskan imbauan Ravensburger tersebut ke sejumlah developer agar menarik aplikasi-aplikasinya dari App Store di negara-negara tersebut.

Ravensburger adalah perusahaan asal Jerman yang menjual sebuah boardgame populer bernama "Memory".

Darren Murtha, seorang developer yang menciptakan game berjudul "Preschool Memory Match" mengatakan bahwa dia akan menarik aplikasinya dari ke-42 negara tempat berlakunya hak cipta Ravensburger."

"Kami berencana mengganti judulnya di negara-negara tersebut, dan mengunggah versi baru awal tahun depan," ujarnya, seperti dikutip situs developer game Gamasutra.

Penarikan game dengan judul yang mengandung kata "memory" dari App Store kabarnya akan dilaksanakan sebelum akhir 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.