TIMUR TENGAH

Roket Hamas Gempur Tel Aviv

Kompas.com - 17/11/2012, 01:50 WIB
Editor

Kairo, Kompas - Media massa dan publik di dunia Arab, Jumat (16/11), terlihat sangat bangga dengan berita kemampuan roket terbaru tipe Fajr 5 milik Hamas menjangkau sasaran di Distrik Rishon Lezion di pinggiran kota Tel Aviv, Israel. Suatu prestasi yang tidak pernah dicapai militer Arab sejak perang tahun 1948.

Hampir semua media di Arab menurunkan berita utama dengan tulisan besar, ”Jalur Gaza Gempur Tel Aviv”. Demikian dilaporkan wartawan Kompas Musthafa Abd Rahman dari Kairo, Mesir.

Harian Al Hayat memberitakan, Hamas dan faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza kini meraih dua kemenangan psikologis terhadap Israel. Pertama, kemampuan roket Fajr 5 mencapai wilayah sekitar kota Tel Aviv, seperti Distrik Kiryat Malakhi dan Rishon Lezion. Kedua, penduduk Tel Aviv dibuat panik ketika mendengar bunyi sirene, seperti terlihat dalam gambar yang ditayangkan televisi Israel saluran 10.

Televisi tersebut menayangkan gambar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bergegas meninggalkan kantornya di Tel Aviv menuju tempat perlindungan ketika mendengar bunyi sirene itu.

Berbagai laporan media Israel dan Arab menegaskan, kecenderungan konflik militer Israel dan Hamas akan meningkat dalam beberapa hari mendatang meskipun Mesir mencoba membujuk Israel dan Hamas agar mencapai gencatan senjata.

PM Mesir Hisham Kandil bersama rombongan pejabat tinggi Mesir, Jumat, mengunjungi Jalur Gaza untuk menyampaikan solidaritas Mesir terhadap rakyat Palestina. PM Netanyahu menyampaikan, Israel atas permintaan Mesir menghentikan semua operasi militernya di Gaza selama kunjungan PM Kandil itu.

Kota Kairo sejak Kamis sore hingga Jumat juga terus dilanda aksi unjuk rasa menentang serangan militer Israel itu. Alun- alun Tahrir dan Distrik Nasr City di Kairo, Kamis sore, dipenuhi pengunjuk rasa, sambil membawa pamflet berbunyi ”Mesir dan Jalur Gaza, Satu Tanah Air”.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton, Kamis malam, kembali menelepon Menlu Mesir Mohamed Kamel Amr meminta Mesir menggunakan pengaruhnya untuk mendorong gencatan senjata di Jalur Gaza.

Gencatan senjata

Mesir menawarkan opsi gencatan senjata yang terdiri atas dua butir. Pertama, Israel dan Hamas menghentikan semua bentuk aksi saling serang. Kedua, Israel dan Hamas memberikan kesempatan kepada Mesir menyusun paket solusi damai di Jalur Gaza.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.