Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Jauh dari Ponsel? Awas Nomophobia!

Kompas.com - 20/11/2012, 09:22 WIB

sxc.hu/Sanja Gjenero

KOMPAS.com - Ketakutan yg sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu atau biasa disebut fobia ada bermacam-macam. Salah satunya adalah Nomophobia (no-mobile-phone-phobia), rasa takut saat kehilangan telepon genggam.

Manusia memang sudah menggantungkan hidup pada teknologi. Memikirkan kehilangan ponsel saja sudah tidak terbayangkan.

Sebuah survei dari SecurEnvoy mengatakan bahwa 66 persen orang yang punya telepon genggam adalah nomophobic.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa Anda termasuk nomophobic:

1. Mimpi kehilangan ponsel. Apakah Anda sering mendapat mimpi buruk kehilangan ponsel lalu terbangun panik demi memastikan barang tersebut masih ada?

2. Tidur dengan ponsel. Ada orang yang tidak bisa tidur tanpa meletakkan ponsel di bawah atau sebelah bantal.

3. Terserang panik bila tidak bisa menemukan ponsel. Jika Anda menaruh ponsel di tempat tidur dan tidak bisa menemukannya lagi. Saat Anda sadar bahwa ponsel Anda hilang, apakah Anda berkeringat dingin dan merasa tidak bisa berbuat apa-apa? Sedikit panik memang normal, tapi bila serangan paniknya berlebihan, waspadalah.

4. Membawa ponsel ke kamar mandi. Apapun telepon penting yang Anda nantikan, itu bisa menunggu saat Anda harus buang hajat. Kecuali ada situasi darurat antara hidup dan mati, kebiasaan seperti itu dapat diklasifikasikan sebagai nomophobic.

5. Memiliki dua ponsel. Sebagian orang punya dua ponsel untuk berjaga-jaga siapa tahu salah satunya hilang, sehingga ada cadangan. Tidak masalah punya dua ponsel, namun jika terlalu khawatir sehingga menyimpan satu cadangan, itu terlalu berlebihan.

6. Mood jelek saat baterai ponsel menipis. Banyak orang yang uring-uringan saat baterai ponselnya hampir habis. Mereka menjadi depresi dan kesal karena panik ponselnya akan kehabisan baterai.

7. Flight mode. Apakah Anda termasuk orang yang segera menyalakan ponsel saat pesawat mendarat? Ini menunjukkan bahwa Anda tidak tenang saat tidak terhubung dengan ponsel.

Jika Anda menunjukkan setidaknya empat dari tujuh tanda di atas, Anda bisa jadi menderita nomophobia. Cobalah mengatasinya dengan terapi karena segala ketakutan berlebihan itu tidak baik, seperti dikutip dari Bold Sky. (ANT) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com