Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menatap 100.000 Bintang di Google Chrome

Kompas.com - 20/11/2012, 10:41 WIB

Google Google Chrome Experiement 100.000 Stars


JAKARTA, KOMPAS.com - Google pekan lalu merilis produk baru yang memetakan lokasi ratusan ribu bintang yang posisinya dekat dengan matahari. Anda dapat mempelajari bintang-bintang di tata surya hanya dengan perangkat lunak perambah (browser).

Produk ini disebut Chrome Experiement (Percobaan Chrome) 100.000 Stars, yang bisa Anda kunjungi di alamat: http://workshop.chromeexperiments.com/stars/. Dalam proyek ini, Google memvisualisasikan dan mendokumentasikan nama bintang di luar angkasa.

Foto dan data diambil dari berbagai sumber, termasuk dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA). "Kami sekarang dapat mengambil satu langkah kecil dengan memetakan lokasi-lokasi bintang terdekat dengan matahari kita," tulis Google dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Dengan menggunakan mouse atau trackpad, Anda dapat melakukan zoom-in dan zoom-out untuk mengeksplorasi tata surya.  Zooming-in akan menginformasikan nama bintang, atau klik visual bintang tersebut untuk mempelajari lebih lanjut.
 
Jika melakukan zoomin-out, Anda akan diberi pandangan beberapa konteks dalam Bima Sakti, meskipun harap diingat pandangan ini adalah gambaran seorang artis. Selain itu, 100.000 bintang yang didokumentasikan di sini hanyalah sebagian kecil dari seluruh bintang di alam semesta.

Anda dapat mengklik tombol tur di kiri atas layar untuk perjalanan singkat ke beberapa perspektif paling keren di galaksi.

Chrome Experiment ini memanfaatkan dukungan Google Chrome untuk WebGL, CSS3D, dan Web Audio. Musik latarnya diciptakan oleh SamHulick, komposer video game petualangan luar angkasa Mass Effect.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com