Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Chip Memori 64GB untuk Ponsel

Kompas.com - 20/11/2012, 13:57 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Smartphone yang ada di pasaran didominasi dengan media penyimpanan berkapasitas 8GB, 16GB, dan 32GB. Sedangkan ukuran yang lebih besar, seperti 64GB masih jarang ditemui.

Untuk menambah kapasitas, para pengguna biasanya menggunakan kartu memori tambahan. Beberapa smartphone pun sudah mendukung hal tersebut, biasanya sebuah perangkat bisa dilengkapi dengan kartu memori, seperti microSD, dengan kapasitas hingga 64GB.

Berusahaan mengakomodir kebutuhan smartphone berkapasitas 64GB, Samsung belum lama ini memperkenalkan sebuah chip yang dinamakan "64GB embedded multimedia card (eMMC) Pro Class 2000".

Chip ini memiliki ukuran 20 persen lebih kecil dan tiga kali lebih cepat dari teknologi yang ada saat ini.

Kartu chip memori tersebut, seperti dikutip dari PC World, Senin (19/11/2012), memiliki kemampuan baca secepat 260 megabyte per detik dan menulis secepat 50 megabyte per detik, 10 kali lebih cepat dari kartu memori Class-10.

Selain untuk perangkat smartphone, chip ini juga akan mempersenjatai perangkat tablet.

Samsung menyatakan, kartu chip tersebut sudah mulai diproduksi akhir bulan lalu. Perusahaan asal Korea tersebut mengungkapkan, eMMC Pro Class 2000 ini diproduksi dengan proses fabrikasi 10 nanometer.

Dengan proses fabrikasi yang semakin kecil tersebut, kartu chip ini cocok untuk digunakan di perangkat dengan desain yang tipis. Selain itu, eMMC Pro Class 2000 menjanjikan konsumsi daya yang lebih kecil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.