Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damai dengan Apple, HTC Puas

Kompas.com - 21/11/2012, 09:42 WIB

KOMPAS - Setelah terlibat dalam sengketa selama lebih kurang dua tahun, minggu lalu HTC dan Apple memutuskan berdamai dengan meneken perjanjian lisensi paten. CEO HTC Peter Chou pun menyatakan puas dengan kesepakatan tersebut.

Di saat yang sama, ia menampik tudingan bahwa HTC harus membayar "uang damai" sejumlah 6 hingga 8 dollar AS untuk tiap perangkat Android yang terjual sebagai bagian dari perjanjiannya dengan Apple.

"Saya pikir perkiraan itu tidak berdasar dan sangat salah. Angkanya tak masuk akal, tetapi saya tak akan berkomentar lebih lanjut soal angka. Pokoknya kami sangat senang dengan perjanjian yang berakhir baik ini," ujar Chou dalam sebuah acara peluncuran produk KDDI corp di Tokyo, Jepang, seperti dikutip oleh the Inquirer.

HTC sendiri tidak mengungkap detil perjanjiannya dengan Apple. Perusahaan itu mengatakan tak bakal mengubah panduan untuk kuartal keempatnya.

Di lain kesempatan, CEO Apple Tim Cook juga menyatakan senang dengan kesepakatan yang dicapai dengan HTC. "Kami lega telah berdamai dengan HTC. Sekarang kami bisa fokus mengembangkan produk."

Apple pertama kali mengajukan tuntutan pelanggaran paten oleh HTC pada 2010 silam, mengawali serangkaian perang paten dengan para produsen perangkat Android.

Dua perusahaan tersebut lantas berdamai dengan menjalin kesepatakan lisensi paten dari kedua belah pihak selama 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com