Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peta Nokia Here Sambangi iPhone dan iPad

Kompas.com - 21/11/2012, 14:36 WIB

Here Here, layanan peta digital berbasis komputasi awan buatan Nokia

KOMPAS.com - Nokia akhirnya menepati janjinya. Mulai hari ini, Rabu (21/11/2012), aplikasi Here, layanan peta digital, sudah hadir untuk perangkat berbasis iOS, seperti iPad, iPhone, dan iPod touch.

Aplikasi Nokia Here menjanjikan beberapa fitur menarik, seperti kemampuan menyimpan peta sebuah daerah, melihat arus lalu lintas, arahan navigasi dengan suara menuju sebuah lokasi yang diinginkan, navigasi berjalan kaki, dan berbagi lokasi melalui situs jejaring sosial.

del/KOMPAS.com Aplikasi Here bisa digunakan untuk menyimpan lokasi dengan besar hingga 10MB.

Seperti yang telah disebutkan di atas, aplikasi Here memiliki kemampuan menyimpan peta sebuah daerah. Pengguna dapat menentukan daerah mana yang ingin disimpan sehingga dapat dilihat nantinya.

Setelah disimpan, pengguna dapat kembali melihat data yang disimpan, bahkan apabila perangkat dalam keadaan offline. Besar data maksimal yang bisa disimpan adalah 10MB.

del/KOMPAS.com Fitur traffic masih belum bekerja untuk wilayah Jakarta, Indonesia

Sayangnya, masih ada beberapa fitur yang belum berjalan sempurna. Saat KompasTekno mencoba aplikasi ini, fitur melihat arus lalu lintas masih belum bekerja. Hal tersebut wajar saja terjadi, mengingat hingga saat ini belum ada aplikasi peta yang bisa secara sempurna menampilkan arus lalu lintas di Indonesia.

del/KOMPAS.com Transportasi publik yang tercantum barulah rute kereta listrik.

Aplikasi Nokia Here juga dilengkapi dengan fitur yang disebut "Public Transport View". Melalui fitur ini, pengguna bisa meliha jalur transportasi publik di sebuah daerah.

Menurut hasil pengamatan KompasTekno, fitur ini berjalan cukup baik untuk wilayah Jakarta. Nokia Here sudah mampu menghadirkan jalur dari kereta listrik. Sayangnya, untuk bis dan angkutan umum lainnya, masih belum terakomodasi di aplikasi versi ini.

Pengguna pun bisa menyimpan lokasi yang dikunjungi melalui fitur "Collections". Dengan fitur ini, pengguna bisa menandai lokasi favorit mereka. Fitur "Collections" ini bisa diakses dari mana saja, asalkan pengguna melakukan log in terlebih dahulu. Log in bisa dilakukan dengan menggunakan akun Nokia atau Facebook.

del/KOMPAS.com Here mampu menunjukkan arah menuju sebuah lokasi, disertai dengan panduan suara.


Here diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Selasa (13/11/2012) di San Francisco, AS. Nokia Here bisa disebut sebagai layanan peta digital independen dari Nokia karena dirancang untuk semua jenis perangkat dan semua jenis sistem operasi.

iOS menjadi sistem operasi mobile pertama yang dikunjungi oleh Here. Sayangnya, belum ada informasi kapan layanan peta ini hadir di Android dan Windows Phone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com