Kompas.com - 23/11/2012, 15:06 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Proyek Google Street View di Indonesia resmi dimulai hari ini, Jumat (23/11/2012). Tak lama lagi, layanan peta panorama besutan Google ini akan menampilkan secara detail Kota Jakarta dari segala penjuru.

Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memberikan sedikit komentarnya mengenai fungsi Google Street View di Indonesia, terutama di Jakarta.

"Google Street View bisa membantu Jokowi," kata Mari, saat ditemui KompasTekno di acara peluncuran, Jumat (23/11/2012).

Dengan layanan ini, menurut Mari, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bisa melihat langsung kondisi jalanan yang ada di Jakarta, tanpa harus turun langsung ke jalanan.

"Layanan ini bisa digunakan untuk mengetahui kondisi Jakarta sebenarnya dan juga bisa menunjukkan lokasi menarik," lanjutnya. "Walaupun hasil dari Google Street View ini tidak real time, tetapi bisa memberikan banyak gambaran dari sebuah daerah."

Street View merupakan layanan foto panorama buatan Google. Melalui layanan ini, pengguna dapat melihat keadaan sebuah wilayah melalui foto-foto yang sudah diambil sebelumnya.

Selain menghadirkan gambar wilayah di sebuah kota, layanan Street View juga menampilkan foto-foto dari daerah wisata terkenal.

Layanan ini telah berhasil "menangkap" foto dari 44 negara. Indonesia adalah negara ke-45 yang memiliki proyek Street View. Proyek Street View ini dimulai dari Jakarta dan akan segera mengunjungi kota-kota lain yang ada di Indonesia.

Baca juga:
- Ini Dia Mobil Google Street View yang Bakal Merekam Jakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.