Kompas.com - 24/11/2012, 16:10 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Darta Media Indonesia atau yang lebih dikenal dengan merek kaskus ternyata hanya memiliki modal awal 7 dollar AS saat didirikan oleh Andrew Darwis tahun 1999 di Seattle, Amerika Serikat. Namun kini, Kaskus sudah berhasil meraup omzet jutaan dollar AS.

Hal ini disampaikan oleh Ken Dean Lawadinata, Chief Executive Officer (CEO) Kaskus di acara Indonesia Book Fair di Jakarta, Jumat petang (23/11/2012). Menurut Ken, kepiawaian dari pendiri membuat bisnis Kaskus berkembang hingga saat ini.

Kaskus dibawa ke Indonesia pada tahun 2008, atau sembilan tahun setelah berdiri. Andrew membawa pulang server Kaskus ke Indonesia, dan memutuskan untuk mengembangkan Kaskus di Nusantara. Ken bilang, saat itu Andrew sudah melihat peluang, Kaskus bisa menjadi bisnis online terbesar di Indonesia.

"Pada tahun 2008, saya investasikan beberapa miliar untuk mengembangkan Kaskus. Dana itu berasal dari pinjaman dana orang tua," ujar Ken kepada KONTAN. Sayangnya, Ken enggan menyebutkan secara pasti berapa besar dana dari orang tuanya itu.

Meski terbilang besar, modal itu sudah balik modal hanya dalam waktu dua tahun. Ia juga tidak mau menjelaskan seberapa besar jumlah omzet Kaskus per tahunnya

"Pokoknya rata-rata kenaikan omzet kami tiap tahunnya 200 persen - 300 persen," jelas Ken yang saat ini sedang menyusun konsep bisnis e-commerce. (Oginawa R Prayogo/Kontan)

Simak kisah inspiratif lainnya di Sosok

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.