Samsung "Undang" iPad Mini ke Meja Hijau

Kompas.com - 25/11/2012, 08:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Ronde pertama pertarungan Apple versus Samsung di ruang pengadilan berakhir dengan kemenangan Apple. Kini, babak baru dari sengketa dua raksasa industri mobile itu semakin memanas dengan bertambahnya produk lawan yang masuk daftar tuntutan.

Setelah minggu lalu menyeret iPhone 5, kini giliran iPad Mini, iPad 4, dan iPod touch dari Apple disebut Samsung sebagai produk-produk yang melanggar paten miliknya dalam berkas pengadilan yang diajukan hari Rabu (21/11/2012) lalu.

Di kubu yang berseberangan, Apple telah melakukan langkah serupa dengan memasukkan Galaxy Nexus, Galaxy SIII, Galaxy Note 10.1, dan sejumlah perangkat lain dari Samsung dalam aduannya.

Serangkaian gadget baru dalam berkas tuntutan tersebut masih menunggu persetujuan dari Hakim Paul S. Grewal sebelum resmi diikutkan dalam sidang.

Pertengahan tahun ini, Apple memperoleh kemenangan atas Samsung terkait pelanggaran paten di pengadilan San Jose, Amerika Serikat. Produsen gadget populer yang berbasis di Cupertino itu diputuskan berhak menerima ganti rugi sebesar lebih dari 1 miliar dollar AS atau Rp 9 trilliun dari lawannya.

Sidang yang membahas tuntutan selanjutnya dari kedua belah pihak yang berseteru ini kabarnya baru akan dimulai tahun depan.

Walaupun akan melibatkan tuntutan ganti rugi, hasil dari pengadilan ini diperkirakan tak akan berpengaruh banyak bagi industri smartphone karena perangkat-perangkat terkait bakalan sudah usang sewaktu sidang mencapai keputusan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berita-berita memanasnya perang paten antara Apple dan Samsung dapat diikuti di liputan khusus "Perseteruan Apple vs Samsung".

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.