Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaskus Gelar Kopi Darat "Pertamax" di Jakarta

Kompas.com - 25/11/2012, 10:32 WIB

oik yusuf/ kompas.com Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu bersiap meniup lilin di kue ulang tahun Kaskus dalam konferensi pers "Jelajah TKP Kaskus", Sabut (24/11/2012). Mari didampingi CTO Kaskus andrew Darwis, CEO Kaskus Ken Dean Lawadinata, Chief Marketing Officer AXIS Daniel Horan, dan General Manager Marcomm Axis Prami Rachmiadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga belas tahun setelah berdiri, forum komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus akhirnya mengadakan acara temu kumpul pertama antarpengguna.

Acara kopi darat "pertamax" (pertama - istilah Kaskuser) bertajuk "Jelajah TKP" ini digelar bekerja sama dengan operator seluler Axis.

Acara temu pengguna sebelumnya telah sering digelar oleh berbagai sub-komunitas yang tergabung dalam forum Kaskus, antara lain melibatkan pehobi foto atau otomotif.

"Tapi baru kali ini Kaskus sendiri selaku wadah besar yang melingkupi semua Kaskuser (anggota forum Kaskus) menyelenggarakan acara kumpul-kumpul," ujar Andrew Darwis, Chief Technology Officer KASKUS seusai acara konferensi pers di Jakarta, Sabtu (24/11/2012).

Digelar di Tennis Indoor, kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, "Jelajah TKP" Kaskus menyediakan 16 booth komunitas, 30 lapak juragan, dan 20 store marketplace serta menghadirkan lebih dari 30 band selama durasi acara yang akan berlangsung dari Sabtu, 24 November hingga Minggu, 25 November.

"Kami berharap bisa mendatangkan 50.000 pengunjung ke acara kopi darat ini selama dua hari, baik dari kalangan Kaskuser maupun masyarakat umum," ujar Andrew.

Kaskus pertama kali didirikan pada 6 November 1999 oleh trio mahasiswa Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan yang ketika itu sedang menuntut ilmu di Seattle, Amerika Serikat.

Bermula dari wadah untuk mengobati kerinduan mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri, Kaskus kini telah berkembang pesat dan memiliki sekitar 5 juta pengguna teregistrasi, dengan jumlah pengunjung bulanan sekitar 20 juta. "Angka itu termasuk visitor yang membuka forum dan membaca thread," lanjut Andrew.

Kaskus sempat beberapa kali berganti domain, dari .com menjadi .us (2006) hingga pertengahan tahun ini berubah kembali menjadi .co.id. Diakui oleh Andrew, perubahan itu sempat membuat turun angka pengunjung Kaskus. "Terutama karena pengguna tidak tahu soal perubahan domain, tapi sekarang sudah normal kembali."

Andrew berharap "kopi darat" Kaskus ini bisa diadakan rutin tiap tahun. "Untuk yang kedua, atas usulan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, mungkin kami akan gabungkan dengan Pekan Produk Kreatif Indonesia agar lebih besar," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com