Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony RX1, Kamera Saku Full Frame Rp 30 Juta

Kompas.com - 25/11/2012, 11:06 WIB

Sony

KOMPAS.com - Sony Indonesia meluncurkan sejumlah produk kamera baru ke pasaran Tanah Air, pada Kamis (22/11/2012). Satu di antaranya yang paling mencolok adalah DSC-RX1, kamera saku dengan sensor full-frame.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kompas Tekno, sensor full-frame pada DSC-RX1 memiliki resolusi 24 megapixel dan rentang sensitivitas ISO 100-25600.

Jenis sensor ini memiliki ukuran sebanding dengan satu frame film tipe 135 (35,8 x 23,9 mm) dan biasanya hanya ditemukan di kamera tipe DSLR kelas profesional yang besar dan berat.

Nah, dibanding kamera-kamera full-frame lain, RX1 terbilang mungil dengan ukuran 113 x 65 x 70 mm dan bobot 482 gram.

Sensor "jumbo" milik RX1 dipadukan dengan lensa fixed Carl-Zeiss Sonnar T* 35mm F2 yang memiiliki jarak fokus minimum 20 cm. Lensa tersebut terpasang permanen dan tidak bisa diganti-ganti layaknya kamera mirrorless.

Untuk membidik gambar, pengguna diberikan dua pilihan: melalui layar LCD 3 inci dengan resolusi 1,2 megapixel atau unit viewfinder (tersedia versi optik dan elektronik) yang dijual terpisah.

Sony pun menyediakan serangkaian aksesori lain untuk melengkapi DSC-RX1, mulai dari flashgun yang bisa dipasangkan pada multi-interface hotshoe milik kamera itu, clip-on LCD, lens hood, thumbgrip tambahan, hingga casing eksklusif dari bahan kulit.

Tertarik? Bersiaplah merogoh kocek dalam-dalam. Meski masih belum ditentukan, berdasarkan penelusuran Kompas Tekno, kamera premium ini bakal dibanderol pada kisaran Rp 30 juta dan bisa diperoleh mulai Desember mendatang di toko-toko tertentu.

Selain DSC-RX1, pada kesempatan yang sama Sony juga meluncurkan sejumlah produk lain, yaitu kamera full-frame Sony SLT-A99, duet kamera mirrorless NEX-5R dan NEX-6, serta camcorder full-frame VG900 dan VG30 (APS-C).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com