Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"E-Commerce" Indonesia Akan "Booming"

Kompas.com - 25/11/2012, 12:01 WIB

oik yusuf/ kompas.com Penyelenggara acara Jelajah TKP Kaskus berfoto bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu (ketiga dari kanan), Sabtu (24/11/2012)

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri e-commerce di Indonesia diyakini memiliki potensi untuk berkembang. Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

"Menurut saya, dalam waktu dekat, selama infrastruktur komunikasi dan perbankan mendukung, lalu kita bisa meyakinkan masyarakat bahwa transaksi online itu aman, e-commerce (Indonesia) akan booming, " ujar Mari, kepada KompasTekno di konferensi pers "Jelajah TKP Kaskus" di Jakarta, Sabtu (24/11/2012).

Namun, ia mengakui bahwa masih banyak orang Indonesia yang ragu dalam melakukan transaksi online karena mengkhawatirkan aspek keamanan.

Di samping itu, ada pula sejumlah masalah lain yang mengganjal, seperti tidak adanya infrastruktur internet broadband yang memadai dan persoalan terkait ekosistem.

Padahal, menurut Mari, e-commerce sangat bagus diterapkan oleh UKM karena tidak perlu biaya besar untuk membangun toko.

"Untuk kaum perempuan, misalnya, bisa untuk melakukan bisnis dari rumah sembari tetap mengurus anak."

Mari menyatakan, forum online seperti, Kaskus membantu melahirkan komunitas-komunitas baru. "Mereka itu kemudian saling berkomunikasi untuk jual beli, ada juga yang mencari informasi."

Dia berharap Kaskus selaku komunitas online terbesar di Indonesia akan membantu berkontribusi terhadap perkembangan industri ini. "Ekosistem orang kreatif memang basisnya komunitas. Kaskus menyediakan platform seperti itu," pungkas Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com