Kompas.com - 25/11/2012, 12:01 WIB
EditorReza Wahyudi

oik yusuf/ kompas.com Penyelenggara acara Jelajah TKP Kaskus berfoto bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu (ketiga dari kanan), Sabtu (24/11/2012)

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri e-commerce di Indonesia diyakini memiliki potensi untuk berkembang. Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

"Menurut saya, dalam waktu dekat, selama infrastruktur komunikasi dan perbankan mendukung, lalu kita bisa meyakinkan masyarakat bahwa transaksi online itu aman, e-commerce (Indonesia) akan booming, " ujar Mari, kepada KompasTekno di konferensi pers "Jelajah TKP Kaskus" di Jakarta, Sabtu (24/11/2012).

Namun, ia mengakui bahwa masih banyak orang Indonesia yang ragu dalam melakukan transaksi online karena mengkhawatirkan aspek keamanan.

Di samping itu, ada pula sejumlah masalah lain yang mengganjal, seperti tidak adanya infrastruktur internet broadband yang memadai dan persoalan terkait ekosistem.

Padahal, menurut Mari, e-commerce sangat bagus diterapkan oleh UKM karena tidak perlu biaya besar untuk membangun toko.

"Untuk kaum perempuan, misalnya, bisa untuk melakukan bisnis dari rumah sembari tetap mengurus anak."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mari menyatakan, forum online seperti, Kaskus membantu melahirkan komunitas-komunitas baru. "Mereka itu kemudian saling berkomunikasi untuk jual beli, ada juga yang mencari informasi."

Dia berharap Kaskus selaku komunitas online terbesar di Indonesia akan membantu berkontribusi terhadap perkembangan industri ini. "Ekosistem orang kreatif memang basisnya komunitas. Kaskus menyediakan platform seperti itu," pungkas Mari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.