Kompas.com - 26/11/2012, 17:10 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com — Perusahaan elektronik LG menyatakan diri tak ingin terlibat dalam "perang" yang belakangan ini mewarnai bisnis perangkat mobile. Pertempuran paten paling panas saat ini terjadi antara Apple dan Samsung.

Dalam sebuah iklan di media massa The New York Times dan Wall Street Journal, yang mempromosikan ponsel pintar Optimus G berbasis Android, LG menegaskan bahwa mereka adalah perusahaan yang tak ingin bersengketa hak paten dalam industri perangkat mobile. "Kami membuat ponsel, bukan peperangan."

"Inovasi yang sebenarnya berasal dari kolaborasi. Itulah sebabnya kami memilih untuk bekerja dengan beberapa perusahaan terbaik dalam industri ini. Tanpa upaya bersama, ponsel Optimus G kami tidak pernah bisa mencapai banyak prestasi teknis."

Secara tak langsung, ini merupakan usaha LG membedakan diri dari perusahaan pembuat ponsel lain yang sibuk dengan gugatan paten.

LG memandang bahwa kolaborasi dengan perusahaan lain adalah kunci melakukan inovasi. Meski demikian, ini tetaplah iklan komersial untuk mempromosikan Optimus G.

Diketahui, ada tiga produsen Android yang sempat berkasus dengan Apple, yaitu Samsung, HTC, dan Motorola Mobility. Perusahaan-perusahaan ini sibuk dengan aksi saling gugat.

Namun, pada 10 November 2012, Apple dan HTC berdamai, dengan mengumumkan perjanjian kerja sama paten secara global dan perjanjian lisensi selama 10 tahun mendatang.

LG bukanlah perusahaan yang sepenuhnya bersih dari aksi gugat-menggugat hak paten teknologi. LG tercatat beberapa kali bersengketa paten dengan Samsung, yang sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Sengketa di antara keduanya sering terjadi dalam teknologi layar perangkat elektronik, mengingat keduanya masuk daftar produsen layar terbesar di dunia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.