Galaxy Note II Ternyata Bisa Jadi PC Desktop

Kompas.com - 27/11/2012, 18:05 WIB
EditorReza Wahyudi

ColdFustion

KOMPAS.com - Anggapan bahwa perangkat mobile kelak bisa menggantikan PC desktop mungkin memang bukan isapan jempol belaka.

Seperti yang ditunjukkan oleh video YouTube dari ColdFustion, phablet (smartphone tablet) terbaru dari Samsung, Galaxy Note II ternyata bisa digunakan layaknya komputer tradisional dengan keyboard dan mouse.

Di video tersebut terlihat seseorang menyambungkan Galaxy Note II ke monitor 29 inci menggunakan adapter HML Samsung dan sebuah kabel HDMI. Sebagai perangkat input, digunakan Apple wireless keyboard dan Magic Mouse.

Dengan prosesor quad-core dan RAM 2 GB, perangkat ini ternyata cukup kuat dipakai menjalankan skenario-skenario multi-tasking, termasuk memutar 4 video sekaligus dari native player dan browser.

Operasi "copy paste" gambar bisa dilakukan ke aplikasi produktivitas dari Dolphin Browser yang memang mendukung operasi "copy-paste", meski gambar yang bersangkutan harus disalin ke Gallery terlebih dahulu.

Menurut ColdFustion, Galaxy Note generasi pertama tidak bisa melakukan hal ini karena keterbatasan jumlah memori.

Kemungkinan lain yang muncul dari memfungsikan Galaxy Note II layaknya PC adalah melakukan presentasi dan bermain game pada layar lebar. Hal tersebut bisa dijalankan relatif tanpa masalah, kecuali untuk sebuah judul yang dicoba oleh ColdFustion, yang terkunci pada orientasi portrait.

Ketika dicoba, perangkat ini pun ternyata mampu memainkan video secara langsung melalui USB flash drive yang terhubung melalui kabel USB.

Dalam kesimpulannya, Cold Fustion mengatakan bahwa, meski tidak sepenuhnya praktis, gadget mobile masa kini khususnya Galaxy Note II sudah cukup powerful untuk digunakan sebagai pengganti PC. Kalau sekarang sudah seperti itu, bayangkan apa yang akan terjadi dalam, misalnya, 3 tahun dari saat ini.

Berikut tayangan lengkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.