Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Coba Hadang Intel di Segmen Menengah

Kompas.com - 28/11/2012, 07:36 WIB
oik yusuf/ kompas.com AMD Far East LTD Asia Pacific & Japan Consumer Sales Director Bryan Slattery (paling kiri) menunjukkan prosesor AMD "Trinity" didampingi AMD Far East LTD Asia Pacific & Japan Marketing Manager Wai San Koh (kedua dri kiri), AMD Far East LTD Asia Pacific & Japan Marketing Manager Armawati Cen (kedua dari kanan) dan AMD Far East LTD Distribution Sales Manager Frankie Widjaja


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lebih dahulu beredar selama beberapa waktu, hari Selasa (27/11/2012) kemarin generasi baru prosesor Accelerated Processing Unit (APU) AMD yang juga dikenal dengan kodenama "Trinity" resmi diluncurkan.

APU adalah istilah AMD untuk prosesor yang menggabungkan inti CPU dengan pemroses grafis (GPU). Berbeda dengan prosesor notebook serupa yang telah lebih dahulu diluncurkan, "Trinity" kali ini berwujud prosesor desktop yang dipasangkan di motherboard dalam PC.

Selengkapnya, seri prosesor yang bernama resmi "A-Series APU" ini terdiri dari beberapa model, yaitu A4-5300 (dual core 3,4 GHz), A6-5400K (dual core 3,6 GHz), A8-5600K (quad-core 3,6 GHz) dan A10-5800K (quad-core 3,8 GHz).

Seri prosesor baru AMD ini digadang-gadang menjadi lawan setanding bagi lini produk milik saingan utama AMD, Intel.

Dua model teratas (A8-5600K dan A10-5800K), menurut AMD Far East Asia Pacific & Japan Component Marketing Manager Wai San Koh, memiliki kinerja sebanding dengan keluarga prosesor "Ivy Bridge" dari kompetitornya itu.

"Kinerja A8 kompetitif dibanding Core i3, sementara A10 kompetitif dengan seri Core i5," ujar Koh dalam acara peluncuran di Jakarta.

Untuk seri Core i7 dari Intel, Koh mengatakan bahwa AMD belum memiliki APU yang bisa disejajarkan dengan rival yang menduduki segmen atas. Sebabnya, menurut Koh, AMD lebih memposisikan diri untuk menawarkan harga yang terjangkau bagi konsumen. "Lagipula, kinerja produk kami sudah cukup bagus untuk kebanyakan pengguna", tandasnya.

AMD memang mematok harga yang relatif terjangkau untuk seri prosesor APU baru ini. Berdasarkan pantauan KompasTekno, APU AMD "Trinity" dijual dengan harga mulai kisaran Rp 500 ribu untuk A4-5300 hingga sekitar Rp 1,2 juta untuk A10-5800K.

Sebagai perbandingan, prosesor seri Core i termurah dari Intel (Core i3 2100, dual core 3,1 GHz) masih berharga lebih dari Rp 1 juta.

Kelebihan lain yang ditawarkan AMD A-Series APU adalah kinerja grafis terintegrasi yang diklaim jauh lebih baik dari lawannya, sekaligus menawarkan akselerasi ketika menjalankan program tertentu seperti Adobe Photoshop.

"Saat ini sudah ada lebih dari 50 aplikasi yang mendukung akselerasi APU AMD, daftarnya akan terus bertambah," pungkas Koh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com