Pasar PC Lesu, AMD Tak Mau Latah Pindah ke "Mobile" - Kompas.com

Pasar PC Lesu, AMD Tak Mau Latah Pindah ke "Mobile"

Kompas.com - 28/11/2012, 11:40 WIB

oik yusuf/ kompas.comAMD Far East LTD Asia Pacific & Japan Consumer Sales Director Bryan Slattery (kedua dari kiri) didampingi AMD Far East LTD Asia Pacific & Japan Marketing Manager Wai San Koh (paling kiri), AMD Far East LTD Asia Pacific & Japan Marketing Manager Armawati Cen (kedua dari kanan) dan AMD Far East LTD Distribution Sales Manager Frankie Widjaja

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri PC sedang lesu, seperti direfleksikan oleh data lembaga riset Gartner yang menyebut bahwa angka pengiriman PC secara global turun 8.3% dari tahun ke tahun.

IDC mengungkapkan hal senada dengan melaporkan bahwa pasar PC global pada kuartal III 2012 turun 8,6% dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Di sisi lain, perangkat mobile, seperti tablet dan smartphone terus berkembang dan diprediksi mengalami pertumbuhan year-on-year 27,4 persen pada 2013 dan 19,2 persen pada 2014, seperti dikemukakan IDC pada September lalu
 
Mengenai hal ini, AMD Far East LTD Asia Pacific & Japan Consumer Sales Director Brian Slattery berpendapat bahwa perubahan tren dari PC ke perangkat mobile berlangsung dengan cepat sehingga banyak pelaku industri PC yang terlambat mengantisipasi.

"Itulah mengapa kita melihat banyak perangkat hybrid, gabungan komputer dan tablet di pasaran," ujarnya seusai peluncuran APU AMD generasi kedua di Jakarta, Selasa (27/11/2012).

Slattery memprediksi, di masa depan akan ada separasi di dalam pasar. "Para power user seperti pemain game akan menggunakan PC, sementara pengguna yang lebih casual akan beralih menggunakan perangkat mobile seperti tablet."

Meski begitu, Slattery menambahkan bahwa pihaknya masih belum melihat titik temu yang pas untuk memenuhi kebutuhan dua kategori pasar itu dengan tepat.

"Balance-nya belum terlihat, masih berubah-ubah, karena itu kami memilih untuk mengamati pasar dan kemudian menyesuaikan diri," ujarnya.

Dia mengatakan, soal perangkat mobile AMD sendiri memiliki basis platform yang andal berupa prosesor APU yang diklaim menerima sambutan hangat dari pasar. Generasi kedua dari APU ini diharapkan bisa memberi kontribusi serupa.

Terkait lisensi ARM yang akan dipakai sebagai basis lini prosesor server 64-bit baru AMD, Slattery mengatakan bahwa belum ada rencana untuk memakai arsitektur buatan ARM untuk membangun prosesor mobile. "Tapi kami sudah memiliki prosesor tablet x86 bernama Hondo yang antara lain telah digunakan Fujitsu di tablet Windows 8 miliknya."


EditorReza Wahyudi

Close Ads X