Windows 8 Laris, Sebulan Terjual 40 Juta Lisensi

Kompas.com - 28/11/2012, 12:09 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft berhasil menjual 40 juta lisensi Windows 8 dalam waktu sebulan sejak sistem operasi terbaru itu dirilis 26 Oktober 2012. Penjualan Windows 8 lebih cepat dibandingkan Windows 7 pada tiga tahun lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Keuangan dan Pemasaran Windows di Microsoft, Tami Reller. Namun, ia tidak merinci banyaknya penjualan lisensi antara upgrade oleh konsumen dan dari pembelian komputer baru yang telah dibenamkan Windows 8.

Sistem operasi sebelumnya, Windows 7, berhasil terjual lebih dari 60 juta lisensi dalam 10 pekan pertama sejak dirilis pada 2009.

"Momentum upgrade ke Windows 8 berhasil melampaui Windows 7," kata Reller dalam konferensi investor yang diselenggarakan Credit Suisse, Selasa (27/11/2012).

Menurut lembaga riset teknologi StatCounter, dari sekitar 1,5 miliar komputer pribadi yang ada di dunia, ada 1% atau sekitar 15 juta yang telah menjalankan sistem operasi Windows 8. Perkembangan yang bisa disebut lumayan untuk sebuah sistem operasi baru.

Konferensi investor yang diselenggarakan Credit Suisse ini, adalah penampilan pertama Reller di depan investor sejak ia diangkat sebagai salah satu eksekutif yang menjalankan bisnis unit Windows.

Bersama Julie Larson-Green, Reller dipercaya menggantikan Steven Sinofsky, sosok yang selama ini bertanggung jawab atas pengembangan Windows 8, namun pada akhirnya ia memutuskan hengkang dari Microsoft, 12 November lalu.

Windows 8 tak hanya dirancang untuk komputer pribadi saja, tapi juga untuk komputer tablet. Melalui sistem operasi ini yang dimaksimalkan untuk layar sentuh ini, Microsoft berharap dapat membangkitkan industri PC yang lesu, dan dapat menandingi perangkat tablet Android dan iPad. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.