Kompas.com - 28/11/2012, 14:14 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kehadiran iPhone 5 membantu Apple menguasai pasar ponsel pintar dan berhasil mengalahkan Android di Amerika Serikat, menurut survei yang dilakukan lembaga riset Kantar WorldPanel ComTech, Selasa (27/11/2012).

Hasil survei Kantar WorldPanel selama 12 pekan terakhir hingga 28 Oktober 2012, mencatat, penjualan iPhone 5 membantu Apple menguasai pasar ponsel pintar di AS dengan raihan 48,1%. Sementara Android terpaut tipis dengan perolehan 46,7%.

"Terakhir kali kami melihat iOS (berada di belakang) menyalip Android di AS adalah ketika iPhone 4S dirilis, dan Apple berhasil mempertahankan keunggulannya selama tiga periode berturut-turut," kata Dominic Sunnebo, Direktur Konsumen Global Kantar WorldPanel ComTech.

Ia memprediksi, pangsa pasar iPhone di AS akan tumbuh menjadi 49,3% dan masih unggul dalam dua periode berikutnya.

Para pengguna produk Apple masih menunjukkan loyalitasnya terhadap iPhone 5. Dari total penjualan iPhone 5 di AS, 62% berasal dari pengguna iPhone sebelumnya, 13% pengguna Android beralih ke iPhone, 6% dari BlackBerry, dan sejumlah kecil pembeli iPhone 5 adalah mereka yang baru pertama kali memiliki ponsel pintar.

Android masih kuasai Eropa

Apple boleh berkuasa di AS, tapi tidak di Eropa. Data Kantar WorldPanel menunjukkan Android masih menguasai pasar ponsel pintar di Eropa hingga 28 Oktober 2012. Sistem operasi buatan Google ini menguasai 74% pangsa pasar di Jerman dan 82% di Spanyol.

Pangsa pasar gabungan untuk Android di lima pasar teratas di Eropa naik menjadi 64%, dari 51% pada tahun sebelumnya. Sementara pangsa pasar Apple hanya naik tipis 21%.

"Jerman tetap menjadi pasar yang sulit untuk Apple, dengan persentase pangsa pasar jatuh sebesar 5,1 poin dibandingkan tahun lalu. Samsung Galaxy S III telah mengambil hampir seperempat penjualan ponsel pintar di Jerman selama 12 pekan terakhir untuk mendorong penjualan Android," terang Sunnebo.

Di Italia, lanjut Sunnebo, Nokia Lumia 610 berhasil jadi ponsel pintar keempat terlaris selama 12 pekan terakhir hingga 28 Oktober 2012, dan Nokia Lumia 800 di posisi ketujuh. Prestasi ini meningkatkan pangsa pasar Windows Phone sebesar 11,7% di seluruh Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.