Produsen BlackBerry Ingin Perbanyak Aplikasi Lokal

Kompas.com - 29/11/2012, 12:09 WIB
EditorReza Wahyudi

BANGKOK, KOMPAS.com - Acara konferensi para pengembang aplikasi (developer) BlackBerry bertajuk BlackBerry Jam Asia 2012, resmi dimulai pada hari ini, Kamis (29/12/2012), di Bangkok, Thailand.

Managing Director Research in Motion (RIM) Asia Pacific Regional, Urpo Karjalainen membuka  BlackBerry Jam Asia 2012, yang dihadiri langsung oleh KompasTekno, dengan mengatakan bahwa ada 2 hal penting yang harus hadir di BlackBerry 10.

"Yang pertama adalah aplikasi-aplikasi global yang berorientasi pada audience internasional," ujarnya, "Tapi yang lebih penting lagi adalah aplikasi-aplikasi lokal."

Aplikasi-aplikasi lokal, menurut Karjalainen, diperlukan agar RIM selaku produsen BlackBerry 10 bisa mengerti karakter pasar dan selera pengguna di masing-masing negara. "Karena itulah developer lokal memegang peranan penting bagi RIM".

Dia menambahkan bahwa baik developer lokal maupun RIM sama-sama mendapat keuntungan dari aplikasi dalam BlackBerry 10. Developer bisa menjalankan bisnis di platform baru RIM, sementara RIM mendapatkan akses ke aplikasi lokal yang sesuai untuk masing-masing negara. "Ini win-win situation," tandasnya.

Dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan pasar lokal, Karjalainen melanjutkan bahwa RIM menjalin sejumlah kerjasama dengan universitas-universitas di sejumlah negara untuk mengembangkan teknologi mobile, termasuk dengan Institut Teknologi Bandung di Indonesia.

"Saya harap Anda bisa melihat ini untuk percaya pada BlackBerry. Mari bekerja bersama,"

Presentasi Karjalainen ditutup dengan video musik jenaka yang liriknya mengajak developer untuk membangun aplikasi BlackBerry 10. Berikut petikan lirik dari video tersebut:
"Our updated SDK is really cool..
The APIs are complete..
We're just wanna keep loving you..
Keep on loving you.."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.