"Aplikasi BlackBerry, Lebih Untung Lebih Mudah"

Kompas.com - 29/11/2012, 16:21 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

BANGKOK, KOMPAS.com - Sebagai platform baru yang menantang dominasi iOS dan Android di industri mobile, apa yang didapatkan oleh pengembang aplikasi (developer) dengan membuat aplikasi untuk BlackBerry 10?

Menurut Developer Relations & Ecosystem Development Vice President Research in Motion Alec Saunders, jawabannya adalah uang.

Berbicara dalam acara BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok, Thailand, yang dihadiri langsung oleh KompasTekno, Kamis (29/11/2012), Saunders mengklaim bahwa platform BlackBerry selama ini lebih menguntungkan buat developer dibandingkan dua platform besutan Apple dan Google itu.

BlackBerry 10 yang akan memulai debutnya 10 Januari 2013 mendatang pun, menurutnya, akan setali tiga uang.

"Developer BlackBerry mendapat pemasukan 4 persen lebih tinggi dibanding developer iOS dan 40 persen lebih besar dari developer Android," ujar Saunders tanpa merinci angka persisnya.

Selain pendapatan yang lebih besar, lanjut Saunders, developer BlackBerry juga diuntungkan dengan ongkos pembuatan aplikasi yang lebih "bersahabat" dibandingkan di platform iOS maupun Android.

"Aplikasi iOS misalnya, biaya pengembangannya lebih mahal 21 persen dibandingkan Android dan 81 persen lebih mahal dibanding BlackBerry," ujar Saunders.

Terakhir, dia mengatakan proses pengembangan aplikasi pada platform BlackBerry 10 lebih mudah dibandingkan pada Android ataupun iOS. "Charilaos Kalogirou, developer iOS kenalan saya yang beralih ke BlackBerry 10, mengatakan bahwa platform kami merupakan yang termudah di antara semuanya," tukas Saunders.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.