Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Aplikasi BlackBerry, Lebih Untung Lebih Mudah"

Kompas.com - 29/11/2012, 16:21 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Sebagai platform baru yang menantang dominasi iOS dan Android di industri mobile, apa yang didapatkan oleh pengembang aplikasi (developer) dengan membuat aplikasi untuk BlackBerry 10?

Menurut Developer Relations & Ecosystem Development Vice President Research in Motion Alec Saunders, jawabannya adalah uang.

Berbicara dalam acara BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok, Thailand, yang dihadiri langsung oleh KompasTekno, Kamis (29/11/2012), Saunders mengklaim bahwa platform BlackBerry selama ini lebih menguntungkan buat developer dibandingkan dua platform besutan Apple dan Google itu.

BlackBerry 10 yang akan memulai debutnya 10 Januari 2013 mendatang pun, menurutnya, akan setali tiga uang.

"Developer BlackBerry mendapat pemasukan 4 persen lebih tinggi dibanding developer iOS dan 40 persen lebih besar dari developer Android," ujar Saunders tanpa merinci angka persisnya.

Selain pendapatan yang lebih besar, lanjut Saunders, developer BlackBerry juga diuntungkan dengan ongkos pembuatan aplikasi yang lebih "bersahabat" dibandingkan di platform iOS maupun Android.

"Aplikasi iOS misalnya, biaya pengembangannya lebih mahal 21 persen dibandingkan Android dan 81 persen lebih mahal dibanding BlackBerry," ujar Saunders.

Terakhir, dia mengatakan proses pengembangan aplikasi pada platform BlackBerry 10 lebih mudah dibandingkan pada Android ataupun iOS. "Charilaos Kalogirou, developer iOS kenalan saya yang beralih ke BlackBerry 10, mengatakan bahwa platform kami merupakan yang termudah di antara semuanya," tukas Saunders.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com