Kompas.com - 30/11/2012, 07:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com/Deliusno Lenovo IdeaPad Yoga diperkenalkan pertama kali pada Kamis (29/11/2012)

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat Convertible, komputer desain baru yang memadukan fungsi Ultrabook dan tablet, berbasis Windows 8 mulai membanjiri pasar Indonesia. Setelah Samsung memperkenalkan Convertible dengan nama Ativ Smart PC, kini giliran Lenovo yang meluncurkannya. Perangkat Convertible milik Lenovo tersebut dinamakan IdeaPad Yoga.

Lenovo mengklaim IdeaPad Yoga sebagai Ultrabook multi-mode pertama di dunia. Perangkat ini hadir dengan desain dua-engsel yang memungkinkan empat posisi, Lenovo sebenarnya lebih senang menyebutnya sebagai modus, dibandingkan posisi - dalam satu komputer. Posisi-posisi tersebut adalah Ultrabook, tablet, stand, dan tent.

"Fungsi dari IdeaPad Yoga ini tidak hanya untuk Ultrabook dan tablet saja, tetapi juga bisa berlaku seperti stand dan tent," kata Helmy Susanto, 4P & Distribution Manager - Consumer Business Lenovo Indonesia, di Jakarta, Kamis (29/11/2012).

Penggunaan dua-engsel membuat layar IdeaPad Yoga dapat ditekuk hingga 360 derajat. Posisi layar seperti ini membuat Yoga dapat digunakan seperti perangkat tablet.

Dalam posisi layar yang sedang ditekuk 360 derajat, keyboard Yoga secara otomatis akan mati. Menurut Helmy, hal tersebut sengaja diatur agar tidak terjadi salah tekan saat digunakan dalam modus tablet.

Selain itu, layar Yoga juga dapat diputar hingga 180 derajat. Lenovo menyebut posisi tersebut sebagai stand.

"Modus stand cocok digunakan di pesawat. Posisi ini dapat digunakan untuk melakukan presentasi kepada klien dan juga menonton video," jelas Helmy.

Lenovo Yoga dalam posisi Tent

Sama seperti namanya, posisi tent mirip seperti sebuah tenda segitiga. Dalam posisi ini, pengguna diklaim lebih nyaman dalam menonton video dan membaca e-book.

IdeaPad Yoga pertama kalinya diperkenalkan pada ajang CES 2012 di Amerika Serikat. Di AS, perangkat ini sudah dipasarkan dengan harga mulai 1199 dollar AS. Sedangkan di Indonesia, Lenovo belum menyebutkan harga resmi perangkat tersebut.

IdeaPad Yoga memiliki layar multi-touch berukuran 13.3 inci. Perangkat yang satu ini memiliki tebal 16,9 milimeter dan berat 1,47 kilogram. Yoga memiliki RAM hingga 8GB dan SSD 256GB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.