Kompas.com - 30/11/2012, 08:02 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com/Oik Yusuf Tiga pilar andalan BlackBerry 10

BANGKOK, KOMPAS.com — Harapan Research in Motion untuk bangkit kembali di industri mobile bertumpu pada platform BlackBerry 10 yang akan diluncurkan pada akhir Januari 2013 mendatang.

Dibanding kompetitornya, ada tiga hal utama yang yang menurut RIM menjadi poin kelebihan platform BlackBerry 10 di mata pengguna, yaitu aspek integrated, social, dan beautiful.

"Integrated"

Integrated berarti BlackBerry 10 menyatukan semua aspek komunikasi yang dibutuhkan pengguna melalui BlackBerry Hub.

Fitur yang satu ini mengintegrasikan berbagai jejaring sosial, seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter, dalam satu tempat sehingga pengguna diklaim tak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi untuk stay in touch dengan teman-teman dan kolega.

"Untuk bernavigasi, cukup lakukan satu sapuan di layar, tak perlu scrolling untuk berpindah aplikasi. Kita pun bisa langsung update status dari BlackBerry Hub, untuk Facebook atau Twitter misalnya," ujar Development Vice President Research in Motion Alec Saunders kepada KompasTekno, dalam acara BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar lebih mudah untuk mengetahui siapa saja kontak yang dimiliki pengguna di masing-masing jejaring sosial, BlackBerry 10 menyediakan filter untuk masing-masing kategori jejaring sosial. Pengguna, misalnya, dapat melihat siapa saja yang ada di jaringan LinkedIn atau Twitter.

"Social"

Aspek kedua adalah social, di mana BlackBerry 10 menekankan pada hubungan antarsesama pengguna. "Melalui BlackBerry 10, kita bisa langsung tahu siapa saja di antara teman yang juga memiliki BlackBerry sehingga dapat di-invite tanpa harus menanyakan PIN ke masing-masing orang," papar Saunders.

Para developer juga dianjurkan olehnya untuk memanfaatkan aspek social dari BlackBerry 10 ini karena pengguna bisa saling menginformasikan soal aplikasi kepada sesama pengguna. "Aplikasi yang bisa di-share memiliki kemungkinan untuk di-download 15 kali lebih besar dibandingkan yang tidak".

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.