Kompas.com - 30/11/2012, 11:58 WIB
EditorReza Wahyudi

BANGKOK, KOMPAS.com — Perangkat pertama BlackBerry 10 akan meluncur tak lama lagi, tepatnya pada 30 Januari 2013. Kendati informasi mengenai spesifikasi hardware perangkat ini sudah banyak beredar, masih ada pertanyaan yang menggantung soal harganya.

Ketika ditanya KompasTekno soal itu, Managing Director Research in Motion South Asia Hastings Singh tak memberikan jawaban pasti. Ia hanya mengatakan bahwa harga perangkat BlackBerry 10 akan diumumkan saat peluncuran.

Meski demikian, dia memberi sedikit petunjuk. "Produk-produk pertama merupakan smartphone premium. BlackBerry 10 sendiri akan diusung oleh perangkat high-end saat peluncuran. Kategorinya? ya premium," ujar Singh dalam sesi wawancara BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012).

Singh menambahkan, target market untuk perangkat BlackBerry 10 pertama nanti adalah para early adopter, trendsetter, dan mereka yang menginginkan perangkat dengan teknologi terkini. Tentang ini, dia merasa yakin perusahaannya bisa sukses. "Kami adalah yang nomor satu di Indonesia. Ini (BlackBerry 10) adalah lompatan besar dari Android dan iOS."

Singh mengatakan bahwa perangkat BlackBerry 10 diposisikan sebagai lawan Samsung Galaxy S3 dan iPhone 5. Sebagai informasi, dua smartphone dari Samsung dan Apple tersebut kini dijual dengan kisaran harga Rp 6 juta atau lebih.

Kendati demikian, para peminat BlackBerry 10 yang menginginkan perangkat terjangkau masih memiliki harapan. "Nantinya kami berharap bisa menyediakan perangkat-perangkat BlackBerry 10 di semua level harga, dan diharapkan bisa menyentuh titik harga BlackBerry Curve saat ini."

Lalu, apa yang akan terjadi dengan perangkat BlackBerry yang lebih lama, dengan OS6 atau OS7? "Jangan khawatir, kami masih akan tetap memberikan dukungan yang sama untuk mereka," pungkas Singh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.