Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dibanding Platform Lain, BlackBerry 10 Lebih Aman"

Kompas.com - 30/11/2012, 13:38 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Kekhawatiran soal masalah keamanan pada perangkat mobile belakangan meningkat seiring semakin banyaknya malware yang mengincar smartphone dan perangkat tablet.

Biarpun begitu, pihak Research in Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry 10 yakin platform andalannya itu tak akan dijangkiti masalah sekuriti.

"Pasalnya, sistem operasi BlackBerry 10 ini dibangun di atas micro kernel QNX yang keamanannya telah teruji selama puluhan tahun," ujar Developer Relations & Ecosystem Development Vice President Research in Motion Alec Saunders dalam sesi interview BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012).

Dia menambahkan, basis QNX telah pula digunakan di berbagai industri berbeda, antara lain militer dan otomotif.

Saunders meyakinkan bahwa BlackBerry 10 bakal menjadi platform yang aman untuk pengguna. "Tak seperti platform lain," imbuhnya.

Untuk menjamin klaim soal keamanan itu, RIM juga memiliki mekanisme penyaringan untuk aplikasi yang akan di-upload ke toko aplikasi BlackBerry 10. "Antara lain, sertifikasi 'Built for BlackBerry' itu," ujar Saunders.

Awal November lalu, sistem operasi BlackBerry 10 beserta perangkatnya Sertifikat Federal Information Processing Standards (FIPS) 140-2 diberikan oleh Nasional Standar dan Teknologi AS. Ini adalah kali pertama produk BlackBerry mendapat sertifikat FIPS menjelang debut komersialnya.

Sertifikasi ini membantu meningkatkan reputasi perangkat di mata pelanggan dan lembaga pemerintahan sebagai perangkat yang memenuhi standar keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com