Microsoft Siapkan Blue, Windows Versi Murah?

Kompas.com - 30/11/2012, 14:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Sebulan setelah Microsoft merilis Windows 8, beredar kabar bahwa tim Microsoft sedang menyiapkan sistem operasi baru yang diberi nama Windows Blue.

Kabar ini datang dari dua media teknologi tepercaya, yaitu ZDNet dan The Verge, yang mengutip seorang sumber tepercaya dari internal Microsoft.

ZDNet telah mewartakan kabar ini sejak Agustus 2012, yang menyebut bahwa kode untuk sistem operasi Windows selanjutnya adalah Blue. Sejauh ini Microsoft belum berencana memberi nama Windows 9, untuk sistem operasi berikutnya.

The Verge juga mengamini argumen ZDNet. Pada pertengahan 2013, Microsoft akan merilis sistem operasi baru dengan tampilan antarmuka yang baru, termasuk perubahan platform dan harga.

Ya, Microsoft ingin agar semua orang dapat memakai Windows Blue dengan membanderol harga yang relatif murah atau bahkan gratis guna meningkatkan jumlah pengguna.

Setelah Windows Blue dirilis ke pasar, dikabarkan akan ada pembaruan software development kit (SDK) Windows. Microsoft akan berhenti menerima aplikasi yang hanya dapat berjalan di Windows 8. Microsoft menginginkan aplikasi yang dibuat pengembang tak hanya bisa jalan di Windows 8, tetapi juga di Windows Blue.

Namun, bukan berarti aplikasi untuk Windows 8 akan terbuang begitu saja, aplikasi sebelumnya tetap bisa berjalan di Windows Blue.

Selain itu, Microsoft juga ingin memberi update sistem operasi Windows Blue setiap tahunnya. Siklus update tahunan ini membuat Windows Blue lebih kompetitif dengan sistem operasi buatan Apple dan Google.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.