Kompas.com - 30/11/2012, 15:03 WIB
EditorReza Wahyudi

BANGKOK, KOMPAS.com — Toko aplikasi online perangkat BlackBerry yang sebelumnya bernama App World akan berganti nama jadi BlackBerry World. Nama itu diganti menjelang kehadiran sistem operasi BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013.

"BlackBerry App World akan berubah nama jadi BlackBerry World," kata Alec Saunders, Developer Relations & Ecosystem Development Vice President Research in Motion (RIM). Perusahaan asal Kanada ini juga mengumumkan hal itu melalui jejaring sosial Twitter.

Di toko aplikasi ini, RIM tak hanya menyediakan aplikasi dan game, juga ada konten video dan musik. Dengan ini, RIM siap bersaing dengan Google Play dan Apple iTunes dalam berjualan konten digital.

Namun, RIM belum menjelaskan secara rinci perjanjian lisensi dengan penyedia konten atau pemilik hak cipta video dan musik.

Dalam acara konferensi pengembang aplikasi BlackBerry Jam Asia, di Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012), Saunders mengklaim bahwa membuat aplikasi di BlackBerry lebih menguntungkan untuk pengembang dibandingkan dua sistem operasi pesaing, iOS dan Android.

"Developer BlackBerry mendapat pemasukan 4 persen lebih tinggi dibanding developer iOS dan 40 persen lebih besar dari developer Android," ujar Saunders tanpa merinci angka persisnya.

Jika kelak BlackBerry 10 hadir di pasaran, RIM memastikan aplikasi-aplikasi populer dan relevan telah tersedia untuk diunduh di BlackBerry World. Selain itu, RIM juga meningkatkan jumlah aplikasi lokal yang sesuai dengan pasar dan selera pengguna di masing-masing negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.