Panggilan Suara, Andalan Baru BlackBerry Messenger

Kompas.com - 01/12/2012, 12:03 WIB
EditorReza Wahyudi

BANGKOK, KOMPAS.com — Kendati di pangsa pasar global perangkatnya telah menciut hingga tinggal 4,3 persen, menurut data kuartal ketiga dari IDC, BlackBerry masih memiliki banyak pengguna BlackBerry Messenger yang jumlahnya diklaim mencapai lebih dari 60 juta, sebagian besar di antaranya dari Indonesia.

Nah, berkaitan dengan hal ini, RIM akan mengusung pembaruan dalam aplikasi instant messaging itu, yaitu berupa fitur panggilan suara pada BlackBerry Messenger 7 yang akan segera dirilis.

Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan panggilan suara langsung dari dalam BlackBerry Messenger 7. "Nah, untuk mengetahui apakah kontak yang ada tuju sedang online dan bisa diajak ngobrol atau tidak, Anda bisa melihat lampu hijau indikator di sini," ujar Vice President BBM and Social Communities Research in Motion, T.A. McCann, dalam sesi panel BlackBerry Jam Asia 2012, Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012).

Menurut dia, ada tiga elemen kunci yang menjadi keunggulan utama BlackBerry Messenger 7. Pertama adalah "Connections" yang berarti aplikasi instant messaging ini membuat pengguna lebih mudah terkoneksi dengan teman melalui fitur identifikasi otomatis siapa saja yang bisa dihubungi lewat BBM di daftar kontak.

Kedua adalah "engagement" yang lebih kaya dengan para kontak lewat penambahan fitur anyar seperti 16 emoticon baru.

Terakhir, developer disebut McCann bisa turut memanfaatkan BBM seperti memanfaatkan API untuk menambah fitur chatting pada aplikasi ataupun memanfaatkan layanan pesan instan ini untuk menyosialisasikan produk.

Pengguna pun bisa memanfaatkan fitur panggilan suara berbasi VOIP ini untuk melakukan panggilan secara gratis, termasuk ke luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itulah kelebihan utama yang kami tawarkan. Ditambah lagi, semuanya sudah terintegrasi dalam BlackBerry 10. Jadi, Anda bisa chatting dan ngobrol layaknya lewat telepon dengan mudah dan gratis dari mana saja," lanjut McCann, seraya menambahkan bahwa separuh pengguna BBM memiliki kontak internasional yang akan terbantu dengan fitur baru BBM 7 ini.

"Ini adalah versi pertama BBM yang sangat kami rekomendasikan untuk pengguna. Begitu sudah rilis sebelum musim liburan nanti, Anda sangat dianjurkan untuk mecoba BBM 7," tandas McCann.

Berita buruknya, McCann mengatakan bahwa BBM 7 hanya kompatibel dengan perangkat BlackBerry OS 6 ke atas. "Namun, nantinya kami berencana menyediakan aplikasi ini untuk perangkat OS 5 juga." 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.