Bisa Telepon Gratis di BBM7, Operator Bakal Rugi?

Kompas.com - 01/12/2012, 16:34 WIB
EditorReza Wahyudi

BANGKOK, KOMPAS.com - Aplikasi instant messaging BlackBerry Messenger 7 yang akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini atau paling lambat awal 2013, akan dilengkapi fitur panggilan suara.

Biarpun begitu, versi terbaru dari aplikasi yang dikatakan memiliki lebih dari 60 juta pengguna di seluruh dunia ini tak akan memadati bandwidth data operator seluler. 

Apa pasal? Rupanya voice call pada BBM 7 hanya mengandalkan konektivitas WiFi. "BlackBerry Messenger 7 menggunakan protokol VoIP dan karena itu tidak mentransfer data lewat jaringan seluler," jelas Vice President BBM and Social Communities Research in Motion T.A. McCann dalam sesi panel BlackBerry Jam Asia 2012, Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012).

Dia menjelaskan, Research in Motion selaku produsen perangkat BlackBerry ingin melihat terlebih dahulu seperti apa user experience yang didapatkan pengguna ketika menggunakan panggilan suara lewat WiFi. "Tapi nanti kami juga punya rencana berekspansi dengan turut memakai jaringan seluler."

Dikatakan oleh McCann, meskipun berpotensi mengurangi traffic voice karena menyediakan opsi panggilan suara gratis di seluruh dunia, ketika nanti sudah menggunakan jaringan seluler, BlackBerry 7 akan meningkatkan konsumsi penggunaan data. "Ini sejalan dengan visi operator di masa depan," katanya.

McCann menyamakan besar penggunaan data panggilan suara BBM7 dengan voice call pada Skype. "Tetapi karena menggunakan algoritma lebih canggih, maka kualitas suaranya juga lebih bagus."

Bagaimana kinerja voice call BBM7 ketika digunakan di negara seperti Indonesia yang masih terbatas dalam hal ketersediaan fasilitas WiFi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ditanya mengenai hal ini, South Asia Managing Director Research in Motion Hastings Singh hanya mengatakan bahwa BBM7 adalah produk global yang ditujukan untuk audience internasional sehingga pengalaman pengguna di masing-masing negara mungkin berbeda-beda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.