Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Perikanan

Informasi Cuaca untuk Nelayan Melalui SMS

Kompas.com - 03/12/2012, 07:58 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memberlakukan sistem informasi cuaca kepada nelayan melalui layanan pesan singkat elektronik (SMS).

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Heryanto Marwoto, di Bandung, Senin (3/12/2012), mengemukakan, pemberian informasi cuaca melalui SMS diharapkan bisa efektif sebagai informasi awal bagi nelayan untuk keperluan melaut.

Informasi itu akan digulirkan setiap hari, meliputi kondisi kecepatan angin, cuaca, dan tinggi gelombang perairan. Hal ini diharapkan juga mengurangi tingkat kecelakaan pelayaran.

"Informasi cuaca melalui SMS akan memudahkan nelayan mengetahui kondisi terkini cuaca sehingga dapat diputuskan melaut atau tidak," ujarnya.

Dari total 163.000 nelayan yang terdata memperoleh kartu nelayan, sekitar 90 persen di antaranya memiliki telepon selular. Pemberian informasi cuaca itu nantinya akan disinergikan dengan pembagian kartu nelayan.

Selama ini, informasi tentang kondisi cuaca perairan diberikan di pelabuhan-pelabuhan atau melalui situs internet, di mana tidak semua nelayan bisa mengaksesnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com