Kompas.com - 03/12/2012, 08:42 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Samsung Samsung Galaxy S III Mini dan Galaxy S III

KOMPAS.com - Kesuksesan ponsel pintar dan tablet keluarga Galaxy dari Samsung, tak lepas dari gencarnya aksi pemasaran. Lembaga riset Asymco memproyeksi, Samsung mengeluarkan hampir 12 miliar dollar AS dalam setahun untuk beriklan, komisi, dan promosi penjualan produk mereka.

Analis Horace Dediu dari Asymco, yang berpengalaman dalam industri teknologi memprediksi, biaya iklan yang dikeluarkan Samsung pada 2012 mencapai 4 miliar dollar AS, jauh lebih besar dibandingkan biaya iklan Apple, Dell, dan Microsoft.

Asymco Belanja iklan Samsung tahun 2012 diprediksi mencapai 4 miliar dollar AS, jauh lebih tinggi dibanding Apple, HP, Dell, dan Microsoft.

Dikarenakan perangkat mobile sedang laris-larisnya di pasar, terutama ponsel pintar dan tablet Galaxy berbasis Android, Samsung mengalokasikan biaya beriklan lebih tinggi untuk produk tersebut. Belanja iklan untuk LCD, TV, semikonduktor, dan peralatan rumah tangga, jumlahnya lebih sedikit dibandingkan produk Galaxy.

Dari grafik di atas, bisa dilihat bahwa belanja iklan Samsung tahun 2010 dan 2011, hampir menyamai biaya iklan Coca Cola, sebuah perusahaan yang anggaran utamanya banyak mengalir untuk iklan.

Namun, iklan bukanlah satu-satunya pengeluaran utama dalam biaya pemasaran. Perusahaan asal Korea Selatan ini juga membayar tinggi biaya komisi dan promosi penjualan. Dari grafik di bawah ini bisa dilihat biaya promosi penjualan relatif tinggi dibanding estimasi  belanja iklan. 

Asymco Biaya promosi penjualan di Samsung lebih tinggi dibanding biaya belanja iklan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.