Kompas.com - 03/12/2012, 10:39 WIB
EditorReza Wahyudi

John McAfee

KOMPAS.com - Pendiri perusahaan aplikasi antivirus McAfee, John McAfee, yang telah buron selama tiga minggu dilaporkan telah tertangkap. McAfee yang dianggap terlibat sebuah kasus pembunuhan ditangkap polisi saat mencoba menyeberangi perbatasan dari Belize ke Meksiko.

"Kami telah menerima laporan yang belum terkonfirmasi bahwa John McAfee telah ditangkap di perbatasan Belize dan Meksiko," tulis sebuah sumber di sebuah postingan blog, Sabtu (1/12/2012).

Namun, pihak kepolisian Belize membantah kabar tersebut. Seperti dikutip dari ZDNet, pihak kepolisian menyatakan keberadaan McAfee, sebagai "orang yang paling dicari", masih belum diketahui.

McAfee menghilang atau melarikan diri setelah dirinya dikaitkan dengan sebuah kasus pembunuhan di Belize, negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah.

McAfee telah ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan tetangganya, ekspatriat Amerika bernama Gegrory Faull. Menurut polisi, Faull ditembak oleh McAfee di rumahnya pada Sabtu (10/11/2012).

Sebelumnya, Faull yang berprofesi sebagai tukang bangunan sempat melaporkan McAfee ke polisi atas pasal perbuatan tidak menyenangkan. Sepertinya telah terjadi perselisihan sebelum  Faull ditembak.

McAfee mendirikan perusahaan antivirus yang menyandang namanya pada tahun 1987. Pada tahun 2010, ia menjualnya ke Intel dengan harga 7,7 miliar dollar AS. Sejak itu, McAfee sibuk dengan perusahaan baru yang didirikannya, Quorumex, yang berbasis di Belize dengan fokus pada penelitian antibiotik.
 
Perilaku McAfee telah digambarkan sebagai "tidak menentu" dalam beberapa tahun terakhir.
 
Awal tahun ini, McAfee sempat ditangkap di Belize karena memiliki senjata api ilegal, tetapi peristiwa ini digambarkan pada saat itu sebagai sebuah "tuduhan palsu". Dia juga menuduh polisi telah membunuh anjingnya selama penangkapan di rumahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.