Ini Dia, Tim Indonesia "Juara BlackBerry"

Kompas.com - 03/12/2012, 13:45 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


BANGKOK, KOMPAS.com - Muda, berjiwa entrepreneur, dan penggila bola, Vincentius Putra mencerminkan generasi baru anak bangsa yang mengukir prestasi di kancah internasional. Bersama anggota timnya dari perusahaan startup Inspira Solusi Indonesia, pemuda 28 tahun ini menjuarai kompetisi BlackBerry Jamhack 2012 untuk wilayah Asia lewat aplikasi berjudul "Soccer Ticker".

Tim Inspira diganjar hadiah uang sebesar 10.000 dollar AS, sementara aplikasi Soccer Ticker pun nantinya akan dipajang selama 3 bulan di kolom "Featured Apps" di toko aplikasi BlackBerry World ketika sudah diluncurkan Januari mendatang.

Soccer Ticker sendiri adalah aplikasi yang menyajikan "siaran langsung" pertandingan sepakbola secara play-by-play melalui teks. Bedanya dengan aplikasi-aplikasi sejenis yang sudah beredar sebelumnya, Soccer Ticker tak hanya menampilkan update skor saja, melainkan juga terintegrasi dengan BlackBerry Messenger (BBM) sehingga bisa dipakai ngobrol sepanjang pertandingan.

"Niche kami adalah play-by-play dan chat service," ujar Vincent Ketika ditemui KompasTekno di arena BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok, Thailand, Jumat (30/11/2012) lalu.

Vincent mengaku terinspirasi membuat Soccer Ticker karena sering nonton bareng pertandingan bola. "Saya pikir seru juga kalau sepak bola turut dikombinasikan dengan aspek sosial seperti di acara-acara nonton bareng itu."

Jadilah Soccer Ticker, aplikasi penggila bola di mana penggunanya tak hanya bisa mengikuti pertandingan secara live lewat update skor, tetapi juga dapat berkomentar, berseloroh, atau menyuarakan dukungan bagi tim kesayangan selama pertandingan.

Ada juga layanan private chat room untuk mereka yang ingin lebih serius berdiskusi soal pertandingan, jadwal pertandingan, update berita sepak bola terbaru, serta papan leaderboard liga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nah, karena terintegrasi dengan BBM, pengguna pun bisa langsung mengajak teman dalam kontak BBM untuk nonton bareng," lanjut Vincent.

Dengan mengusung sepak bola yang merupakan tema universal bagi jutaan orang di seluruh dunia ini, Soccer Ticker berhasil merebut hati para juri dan turut mendapat penghargaan Developer's Choice di samping menjadi pemenang BlackBerry Jam Hack 2012 Asia.

Tim Inspira dari Indonesia menyisihkan 9 tim finalis lainya dari negara-negara di Asia Pasifik, termasuk Australia dan Vietnam yang masing-masing menempati posisi juara 2 dan 3.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.