Kompas.com - 04/12/2012, 10:56 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat jadi topik yang paling dicari, dan Kim Kardashian adalah orang yang paling dicari di mesin pencari Yahoo sepanjang tahun 2012.

Kata kunci "election" (pemilu) menduduki posisi teratas pencarian Yahoo, yang memberi hasil pencarian berita dari media massa dan juga percakapan di media sosial. Kata "political polls" (atau jajak pendapat politik) masuk di posisi 8 dari 10 pencarian terbanyak Yahoo.

Analis tren situs web Yahoo, Vera Chan mengatakan, pemilu 2012 mendominasi pencarian online. "Orang benar-benar jenuh dengan itu. Meski demikian, itu adalah kata kunci yang paling banyak diketik sepanjang tahun," kata Chan seperti dikutip dari Reuters, Senin (3/12/2012).

"iPhone 5" menduduki peringkat kedua, kata yang paling dicari tahun 2012. Meski hanya menduduki peringkat kedua, iPhone 5 menjadi produk atau gadget yang paling banyak dicari di tahun ini.

iPhone selalu masuk dalam daftar pencarian teratas Yahoo sejak produk itu dirilis tahun 2007. Dibandingkan iPhone generasi sebelumnya, pencarian iPhone 5 berhasil menjadi yang tertinggi.

Posisi 3 ditempati oleh bintang acara realitas televisi Kim Kardashian. Perceraiannya dengan mantan suami Kris Humphries, lalu hubungannya dengan penyanyi rap Kanye West, mendongkrak popularitas Kardashian di Yahoo.

Selanjutnya, peringkat 4 sampai dengan 10 ditempati oleh; (4) model Kate Upton, (5) istri Pangeran William, Kate Middleton, (6) penyanyi Whitney Houston yang meninggal secara tragis karena narkoba, (7) Olimpiade, (8) political polls (atau jajak pendapat politik), (9) Lindsay Lohan yang bermasalah dengan narkoba, (10) dan Jennifer Lopez.

Daftar lainnya, budaya pop mendominasi pencarian obsesi terpopuler di Yahoo sepanjang 2012. Peringkat 4 sampai 9 diduduki oleh "The Hunger Games," bintang acara realitas Honey Boo Boo, novel erotis "Fifty Shades of Grey," kelompok penyanyi pria One Direction, lagu populer "Call Me Maybe," dan "Gangnam Style" yang didendangkan penyanyi Psy asal Korea Selatan.

Posisi 1 sampai 3 untuk pencarian obsesi terpopuler ditempati oleh iPhone 5, political polls, dan mega jutawan. Film "Titanic" yang kembali ditayangkan di bioskop dalam versi 3D berhasil menarik perhatian publik, dan bercokol di posisi 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.