Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Akan Ada iPad Mini Retina Display?

Kompas.com - 06/12/2012, 08:19 WIB


KOMPAS.com — iPad Mini boleh dibilang merupakan "miniatur" iPad 2. Spesifikasi hardware kedua perangkat tablet ini bisa dikatakan mirip, termasuk layarnya. Meskipun berukuran lebih kecil (7,9 inci), layar iPad Mini mengusung resolusi 1024 x 768 yang sama dengan iPad 2.

Di sinilah letak kekecewaan sebagian orang. Semua tentang iPad mini terlihat sempurna, kecuali layarnya. Beredar pula kabar bahwa versi berikutnya dari perangkat ini, untuk sementara kita sebut saja iPad Mini 2, akan dilengkapi layar Retina Display yang super tajam, seperti "kakaknya", New iPad.

Namun, hal tersebut mungkin sulit diwujudkan. Alasannya, menurut situs teknologi Anandtech dalam sebuah ulasan mendalam mengenai iPad Mini, tak lain adalah ketajaman layar itu sendiri.

Resolusi Retina Display—mengacu pada perangkat iPad—empat kali lebih besar dibandingkan layar "biasa" pada perangkat sejenis. Katakanlah iPad Mini akan berangkat dari resolusi 1024 x 768 menjadi 2048 x 1536 seperi New iPad, maka kebutuhan baterainya pun akan jauh meningkat pula.

Seperti diketahui, New iPad memiliki ukuran fisik lebih besar dari iPad 2, baik dalam hal bobot maupun ketebalan, karena perlu membawa baterai lebih besar untuk mendukung Retina Display.

Di sisi lain, salah satu poin keunggulan utama iPad Mini dibanding saudara-saudaranya justru terletak pada bentuk fisik yang kecil, tipis, dan ringan, yang agaknya sukar dipenuhi apabila gadget ini dilengkapi layar dengan tampilan super-tajam.

Untuk mengatasinya, Apple bisa saja memilih tingkat resolusi atau ukuran layar yang berbeda untuk iPad Mini generasi berikutnya, tapi ini akan menimbulkan fragmentasi lebih lanjut dalam ekosistem iOS. Fragmentasi adalah sesuatu yang dihindari oleh Apple.

Anandtech berpendapat bahwa pilihan-pilihan di atas tak ada yang sesuai dengan visi Apple. Maka disimpulkan bahwa iPad Mini kemungkinan tak akan mendapat perbaikan layar pada tahun depan.

Sementara itu, saingan-saingan Apple seperti Google dan Amazon telah mulai menawarkan layar yang lebih tajam dengan harga perangkat lebih murah.

Apakah Apple akan bereaksi dengan tetap menampilkan iPad Mini generasi baru dengan Retina Display? Sebelumnya, Apple telah menempuh kompromi dengan menambah bobot dan ketebalan fisik pada New iPad dibanding iPad 2. Strategi tersebut sejauh ini terbukti berhasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com