Kompas.com - 06/12/2012, 08:19 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


KOMPAS.com — iPad Mini boleh dibilang merupakan "miniatur" iPad 2. Spesifikasi hardware kedua perangkat tablet ini bisa dikatakan mirip, termasuk layarnya. Meskipun berukuran lebih kecil (7,9 inci), layar iPad Mini mengusung resolusi 1024 x 768 yang sama dengan iPad 2.

Di sinilah letak kekecewaan sebagian orang. Semua tentang iPad mini terlihat sempurna, kecuali layarnya. Beredar pula kabar bahwa versi berikutnya dari perangkat ini, untuk sementara kita sebut saja iPad Mini 2, akan dilengkapi layar Retina Display yang super tajam, seperti "kakaknya", New iPad.

Namun, hal tersebut mungkin sulit diwujudkan. Alasannya, menurut situs teknologi Anandtech dalam sebuah ulasan mendalam mengenai iPad Mini, tak lain adalah ketajaman layar itu sendiri.

Resolusi Retina Display—mengacu pada perangkat iPad—empat kali lebih besar dibandingkan layar "biasa" pada perangkat sejenis. Katakanlah iPad Mini akan berangkat dari resolusi 1024 x 768 menjadi 2048 x 1536 seperi New iPad, maka kebutuhan baterainya pun akan jauh meningkat pula.

Seperti diketahui, New iPad memiliki ukuran fisik lebih besar dari iPad 2, baik dalam hal bobot maupun ketebalan, karena perlu membawa baterai lebih besar untuk mendukung Retina Display.

Di sisi lain, salah satu poin keunggulan utama iPad Mini dibanding saudara-saudaranya justru terletak pada bentuk fisik yang kecil, tipis, dan ringan, yang agaknya sukar dipenuhi apabila gadget ini dilengkapi layar dengan tampilan super-tajam.

Untuk mengatasinya, Apple bisa saja memilih tingkat resolusi atau ukuran layar yang berbeda untuk iPad Mini generasi berikutnya, tapi ini akan menimbulkan fragmentasi lebih lanjut dalam ekosistem iOS. Fragmentasi adalah sesuatu yang dihindari oleh Apple.

Anandtech berpendapat bahwa pilihan-pilihan di atas tak ada yang sesuai dengan visi Apple. Maka disimpulkan bahwa iPad Mini kemungkinan tak akan mendapat perbaikan layar pada tahun depan.

Sementara itu, saingan-saingan Apple seperti Google dan Amazon telah mulai menawarkan layar yang lebih tajam dengan harga perangkat lebih murah.

Apakah Apple akan bereaksi dengan tetap menampilkan iPad Mini generasi baru dengan Retina Display? Sebelumnya, Apple telah menempuh kompromi dengan menambah bobot dan ketebalan fisik pada New iPad dibanding iPad 2. Strategi tersebut sejauh ini terbukti berhasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.