Menit Terakhir, Telkomsel Hengkang dari Pesta RBT

Kompas.com - 06/12/2012, 08:52 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

shutterstock

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel tak ikut bergabung dalam program Pesta RBT dan iRing yang dilakukan oleh Indosat, XL Axiata dan 12 label musik. Program ini bertujuan membangkitkan lagi industri nada dering sambung pribadi (ring back tone) yang melesu sejak Oktober 2011.

Padahal, di akhir November 2012, ketiga operator besar di Indonesia (XL, Indosat dan Telkomsel) sudah kompak menyatakan niat untuk menggelar program bersama ini.

"Awalnya Telkomsel berkomitmen untuk gabung dalam Pesta RBT dan iRing, tapi di menit terakhir, mereka menyatakan tidak ikut," kata salah satu petinggi label musik kepada KompasTekno, dalam peluncuran Pesta RBT dan iRing di Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Bimbom Barkah dari Universal Music Indonesia mengatakan, untuk mengembalikan industri RBT seperti sedia kala diperlukan kerjasama antara label musik dan operator seluler untuk melakukan 4K.

"4K itu adalah keabsahan, kemudahan, kepercayaan, dan komitmen. Tapi hari ini, yang komitmen hanya ada dua operator seluler," kata Bimbom.

Sejatinya, perusahaan label musik berharap Telkomsel bergabung dalam kampanye bersama ini. Karena, Telkomsel memiliki jumlah pelanggan terbesar. Anak perusahaan Telkom ini memiliki 121 juta pelanggan hingga kuartal 3 tahun 2012.

Director & Chief Marketing Officer Indosat Erik Meijer dan General Manager Content & Applications Technology, Content, & News Business XL Axiata, Revie Sylviana, enggan mengomentari mundurnya Telkomsel dalam Pesta RBT dan iRing.

Program ini pada dasarnya menyatukan akses kode untuk berlanggan RBT, melalui *919#. Jangka waktu berlangganannya diatur selama sepekan dengan tarif Rp 3.000. Selain mengefisiensi biaya operasional, program ini diklaim memberi kenyamanan pelanggannya dari sisi keamanan dan transparansi.

Ada 12 label musik yang ikut dalam program ini, yaitu Pelangi Musik, Universal Music Indonesia, Aquarius, Emotion, Warner Music, Sony Music Indonesia, Sony Music, Alfa Records, Virgo, Nagaswara, Trinity, dan Sani Music.

Program ini dibahas sejak berbulan-bulan lalu. Kini telah dapat persetujuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, tanpa menunggu diresmikannya Revisi Peraturan Menteri Kominfo tentang aturan main SMS premium dan konten digital.

Selain itu, Pesta RBT dan iRing juga telah disetujui oleh Kementerian Sosial karena program ini menawarkan hadiah untuk pelanggan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.