Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kriminalitas

John McAfee Ditangkap di Guatemala

Kompas.com - 06/12/2012, 13:17 WIB

GUATEMALA CITY, KOMPAS.com — John McAfee, pendiri perusahaan pembuat piranti lunak antivirus McAfee, ditangkap di Guetamala dengan tuduhan memasuki negara itu secara ilegal.

Ia menyeberangi perbatasan untuk mencari suaka politik setelah melarikan diri di Belize karena dugaan pembunuhan atas tetangganya.

Pejabat Belize mengatakan, perintis piranti lunak itu adalah "orang yang dicurigai" dalam pembunuhan terhadap pengusaha asal Florida, Gregory Faull, pada 11 November lalu.

McAfee menyatakan, ia tidak bersalah atas kasus pembunuhan yang dituduhkan kepada dirinya.

Ia menulis di blog bahwa ia "dilecehkan" oleh polisi dan itu adalah alasan ia pergi dari Belize. Tidak ada perintah penangkapan internasional untuk buronan jutawan itu.

Menteri Dalam Negeri Guetamala Mauricio Lopez Bonilla mengatakan, McAfee ditangkap di sebuah hotel di kawasan elite ibu kota negara itu, Guetamala City.

Gregory Faull ditemukan tewas dengan satu luka tembakan di kepala. Rumah Faull di Belize terletak bersebelahan dengan rumah McAfee.

McAfee diketahui telah lama bersengketa dengan Faull menyangkut anjing penjaga yang ditempatkan McAfee untuk menjaga kediamannya.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi AS NBC, McAfee menawarkan hadiah 25.000 dollar AS atau sekitar Rp 240 juta untuk mencari "pelaku" pembunuhan.

McAfee dikenal menjalani hidup yang eksentrik setelah menjual sahamnya di perusahaan piranti lunak antivirus yang menggunakan namanya pada 1990-an.

Ia pindah ke Belize tiga tahun silam untuk menurunkan beban pajak dan hidup menyendiri di kediaman berpenjagaan ketat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com