Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindikat Penipuan "Cyber" Dikira Mahasiswa

Kompas.com - 06/12/2012, 17:29 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga di Jalan Pulau Panjang VII tidak pernah mengira penghuni rumah berlantai 3 di Blok C adalah penipu cyber jaringan internasional. Mereka mengira penghuninya adalah mahasiswa.

Kasmiran, kuli bangunan yang bekerja di samping lokasi kejadian mengaku hanya mengetahui bahwa rumah mewah tersebut dihuni oleh tiga mahasiswa. Dia tidak menyangka ternyata ada 38 orang di dalamnya.

Sehari-harinya, kata Kasmiran, tidak ada hal yang mencurigakan dalam rumah tersebut. Terkadang hanya ada dua atau tiga orang yang duduk di teras lantai tiga kalau sore hari.

"Saya sih enggak tahu kalau di situ ada kegiatan apa. Tahu-tahu sudah banyak polisi yang datang," kata Kasmiran (28) kuli bangunan yang bekerja di samping lokasi kejadian, Kamis (6/12/2012).

Kasmiran menambahkan, saat penangkapan terjadi, dirinya sedang bekerja. Kemudian polisi mendatangi lokasi tersebut dan melakukan beberapa tembakan untuk menggerebek sindikat tersebut.

"Waktu penggerebekan, ada juga dua orang yang ngumpet di sini (rumah yang sedang dibangun samping lokasi penggerebekan). Dia masuk ke dalam lemari, cewek dan cowok," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com