Kompas.com - 06/12/2012, 17:41 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah menangkap 38 warga negara asing anggota jaringan penipu cyber di Jalan Pulau Panjang, polisi juga menangkap 25  WNA di lokasi kedua di kawasan Kembangan Raya, Jakarta Barat. Mereka merupakan satu sindikat.

"Penggerebekan ini ada dua TKP (tempat kejadian perkara), di Jalan Pulau Panjang dan Kembangan. Akan tetapi, mereka satu sindikat," kata Komisaris Besar Cahyono Wibowo, Kasubdit III Diroktorat Tindak Pidana Umum Mabes Polri, di Kembangan, Kamis (6/12/2012).

Pada TKP yang kedua, kata Cahyono, polisi menangkap 25 orang yang terdiri dari 4  perempuan dan 21 laki-laki. Dari lokasi tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti, seperti 8 laptop, puluhan telepon seluler, puluhan telepon kabel, dan sejumlah alat komunikasi lain.

Cahyono menjelaskan, motif penipuan cyber itu dengan melakukan penipuan online. Mereka menjual produk melalui cyber, tetapi ketika uang sudah ditransfer, barang tidak sampai kepada pelanggan.

Modus lainnya, sindikat WNA Taiwan dan China ini mengaku menjadi pejabat publik di Taiwan, kemudian menghubungi korban untuk menyelesaikan masalah dengan membayar sejumlah uang. Namun, tak semua korbannya bekerja sebagai pejabat pemerintahan.

Total jumlah orang  hasil penggerebekan dari kedua tempat adalah 63 orang yang terdiri dari warga negara Taiwan dan China. Mereka datang ke Indonesia menggunakan izin sebagai turis sehingga sulit untuk dideteksi.

Polisi sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan Interpol Taiwan untuk menangkap sindikat penipuan cyber. Selain Indonesia, Interpol juga bekerja sama untuk melakukan penggerebekan sindikat yang sama di China, Vietnam, dan Taiwan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.