Kompas.com - 07/12/2012, 12:29 WIB
EditorErvan Hardoko

GUATEMALA CITY, KOMPAS.com - Permohonan suaka yang diajukan John McAfee, penemu piranti lunak anti-virus, kepada pemerintah Guatemala ditolak, Jumat (7/12/2012).

Dia mengajukan permintaan suaka ke nagara tetangga Belize itu menyusul kasus kematian tetangganya, seorang pengusaha asal Florida Gregory Faull.

McAfee ditahan pada Rabu lalu karena masuk ke Guatemala secara ilegal dan diperkirakan akan dideportasi ke Belize.

Jutawan ini, yang mengaku dirinya tidak bersalah dalam kasus kematian tetangganya itu, tengah menjalani perawatan akibat sakit di bagian dada.

Dia kemudian dikeluarkan dari rumah sakit dan dibawa oleh mobil polisi. Kuasa hukumnya, Telesforo Guerra, megatakan kliennya mengalami stres dan detak jantung yang cepat.

McAfee mengatakan dia lari dari Belize karena mengalami 'pelecehan' yang dilakukan kepolisian, dan mengatakan pada awal pekan ini bahwa negara itu "tidak memiliki catatan yang baik untuk memberikan perlindungan kepada anda,".

Tidak ada surat perintah internasional atas penahanannya.

Bantah Terlibat

Guatemala tidak memberikan alasan penolakan terhadap permohonan suaka McAfee, tetapi dia kemudian menulis dalam blognya:"Tolong kirimkan email ke Presiden Guatemala dan meminta dia untuk mengijinkan pengadilan memproses secara hukum untuk menentukan status saya di Guatemala, dan mohon dukungan terhadap suaka politik yang saya ajukan."

"Kami akan ke jaksa ham untuk mengajukan keberatan dan gugatan terhadap menteri luar negeri atas penahanan dia (McAfee) tanpa melihat permintaan suakanya," kata Guerra kepada sebuah radio lokal Guatemala.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.