Kompas.com - 09/12/2012, 08:59 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

BANDUNG, KOMPAS - Snapseed, aplikasi editor gambar buatan Nik Software bisa diunduh secara gratis di Google Play Store sejak 7 Desember 2012 dengan ukuran file 21 MB.

Aplikasi yang sebelumnya hanya dinikmati oleh sistem operasi iOS ini memiliki keunggulan dalam fitur mengulik gambar, tapi yang terutama adalah pengoperasiannya yang sangat berkelas.

Tampilan utama dari Snapseed terbilang sederhana, gambar yang diolah dan di bawahnya terdapat baris berisi fitur untuk mengulik. Beberapa fitur seperti Tune Image, Selective Adjust, Straighten, Details, Center Focus, Tilt Shift, Frame.

Ada pula filter yang bisa digunakan untuk mengubah gambar secara instan dengan kategori Black and White, Vintage, Drama, maupun Grunge.

Dalam fitur Tune Image, kita bisa mengutak atik Brightness, Ambiance, Kontras, Saturasi, maupun White Balance. Dalam Selective Adjust, kita bisa mengulik satu daerah tertentu lebih spesifik tanpa memengaruhi daerah lain dari gambar.

Center Focus maupun Tilt Shift adalah fitur yang mulai banyak ditemui dalam aplikasi serupa semisal Pixlr-Editor maupun Aviary. Tujuannya adalah menghasilkan ruang tajam maupun lensa tilt shift.

Hal yang membuat Snapseed menonjol dibandingkan aplikasi lainnya adalah pengoperasiannya yang memakai gestur smartphone.

Cukup dengan gerakan mengusap jari ke atas atau ke bawah, pengguna bisa  memilih komponen yang akan diubah. Sementara usapan jari ke kiri maupun kanan mengatur intensitasnya. Begitu pula gerakan mencubit untuk menentukan luas area yang akan diubah.

Di tengah pekerjaan, kita bisa membandingkan dengan gambar awal sebelum diubah dengan cepat. Caranya dengan menyentuh gambar tanpa ada gerakan tangan dan gambar seketika kembali seperti semula.

Aplikasi ini bisa dioperasikan untuk smartphone maupun tablet. Unduh Snapseed untuk Android melalui Google Play Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.