Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Sewa Mantan "Hacker" Microsoft

Kompas.com - 09/12/2012, 11:57 WIB

 

Apple Apple Mac mini

 

 

KOMPAS.com — Kristin Paget adalah mantan hacker yang dulu disewa Microsoft untuk "menambal" lubang keamanan di sistem operasi Windows Vista, kini ia telah berpindah perusahaaan dan bekerja sebagai analis keamanan inti sistem operasi di Apple.

Hal tersebut dikonfirmasikan sendiri oleh Paget, yang mengatakan kepada Wired bahwa dia sudah bekerja di Apple sejak September 2012.

Hacker yang dulu dikenal dengan nama Chris Paget ini punya sejarah panjang menemukan dan menambal lubang keamanan, baik di dalam software maupun perangkat keras.

Salah satu kiprahnya yang paling dikenal adalah ketika ia bekerja sebagai bagian grup hacker yang disewa Microsoft untuk "menggembok" Windows Vista tahun 2006. Ketika itu Microsoft sangat percaya diri bahwa Windows Vista sudah  cukup aman.

Ternyata, Paget dan kawan-kawan menemukan begitu banyak lubang keamanan pada sistem operasi itu sehingga Microsoft memutuskan untuk menunda rilis Vista.

(dok. Kristen Paget via Twitter) Kristen Paget

"Kami mencegat banyak celah keamanan di Vista," ujar Paget dalam konferensi Black Hat 2011. "Saya bangga dengan jumlah bug yang kami temukan dan perbaiki."

Begitu suksesnya Paget ketika itu, dia kemudian menerima T-shirt khusus bertuliskan "Saya Menunda WIndows Vista" yang ditandatangani Wakil Presiden Pengembangan Windows Brian Valentine.

Pada tahun 2010 Paget membuat sensasi dengan membikin alat untuk mencegat panggilan telepon genggam, yang memanfaatkan kelemahan di protokol GSM.

Kini, hacker yang mengaku terobsesi oleh UNIX ini sudah bekerja di Apple. Kebetulan, sistem operasi Mac OS X dan iOS milik perusahaan itu juga dibangun berdasarkan inti UNIX yang sama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com