Kompas.com - 09/12/2012, 11:57 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

Apple Apple Mac mini

 

 

KOMPAS.com — Kristin Paget adalah mantan hacker yang dulu disewa Microsoft untuk "menambal" lubang keamanan di sistem operasi Windows Vista, kini ia telah berpindah perusahaaan dan bekerja sebagai analis keamanan inti sistem operasi di Apple.

Hal tersebut dikonfirmasikan sendiri oleh Paget, yang mengatakan kepada Wired bahwa dia sudah bekerja di Apple sejak September 2012.

Hacker yang dulu dikenal dengan nama Chris Paget ini punya sejarah panjang menemukan dan menambal lubang keamanan, baik di dalam software maupun perangkat keras.

Salah satu kiprahnya yang paling dikenal adalah ketika ia bekerja sebagai bagian grup hacker yang disewa Microsoft untuk "menggembok" Windows Vista tahun 2006. Ketika itu Microsoft sangat percaya diri bahwa Windows Vista sudah  cukup aman.

Ternyata, Paget dan kawan-kawan menemukan begitu banyak lubang keamanan pada sistem operasi itu sehingga Microsoft memutuskan untuk menunda rilis Vista.

(dok. Kristen Paget via Twitter) Kristen Paget

"Kami mencegat banyak celah keamanan di Vista," ujar Paget dalam konferensi Black Hat 2011. "Saya bangga dengan jumlah bug yang kami temukan dan perbaiki."

Begitu suksesnya Paget ketika itu, dia kemudian menerima T-shirt khusus bertuliskan "Saya Menunda WIndows Vista" yang ditandatangani Wakil Presiden Pengembangan Windows Brian Valentine.

Pada tahun 2010 Paget membuat sensasi dengan membikin alat untuk mencegat panggilan telepon genggam, yang memanfaatkan kelemahan di protokol GSM.

Kini, hacker yang mengaku terobsesi oleh UNIX ini sudah bekerja di Apple. Kebetulan, sistem operasi Mac OS X dan iOS milik perusahaan itu juga dibangun berdasarkan inti UNIX yang sama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.