Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012, Komputer Tablet Terjual 120 Juta Unit

Kompas.com - 11/12/2012, 11:16 WIB

Odd Andersen/AFP A woman holding an Apple iPad (L) next to a Samsung Galaxy Tab during the 50th International consumer electronics fair.

KOMPAS.com — Lembaga riset pasar IDC menaikkan estimasi global jumlah perangkat komputer tablet yang terjual sepanjang tahun 2012 dari 117,5 juta unit menjadi 122,3 juta unit.

Perubahan tersebut didasarkan pada permintaan yang besar atas tablet iPad Mini dari Apple dan meningkatnya penjualan perangkat-perangkat tablet berbasis Android.

IDC juga mengubah perkiraan penjualan tablet 2013 dari 165,9 juta unit menjadi 172,4 juta unit. Pada 2016, angka tersebut diestimasi terus tumbuh menjadi 282,7 juta unit, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 261,4 juta unit.

"Tablet Android mendapat traction di pasaran berkat produk-produk bagus dari Google, Amazon, Samsung, dan merek-merek lain. Sementara peluncuran iPad Mini dan pembaruan perangkat iPad versi besar telah menempatkan Apple dalam posisi yang kuat menjelang musim liburan," ujar direktur riset tablet Tom Mainelli dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari PC World.

Pada tahun 2012, IDC memperkirakan pangsa pasar global tablet Android naik menjadi 42,7 persen, naik dari 39,8 persen pada tahun sebelumnya. Dalam kurun waktu yang sama, estimasi IDC menyebutkan bahwa penguasaan pasar tablet bikinan Apple akan turun dari 56,3 persen menjadi 53,8 persen.

Bagaimana dengan tablet berbasis Windows? Perlahan tapi pasti, perangkat serupa dengan sistem operasi bikinan Microsoft diperkirakan akan memperoleh kenaikan pangsa hingga mencapai 10,3 persen pada tahun 2016.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com