Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangkat "Mobile" Paling Doyan "Video Streaming"

Kompas.com - 11/12/2012, 16:21 WIB
AFP

JAKARTA, KOMPAS.com - Trafik layanan data (internet) dari perangkat mobile meningkat dua kali lipat antara kuartal 3 tahun 2011 dan kuartal 3 tahun 2012, menurut laporan Ericsson. Video streaming menyumbang volume trafik terbesar untuk penggunaan data mobile.

Dalam laporan Ericsson Mobility Report pada kuartal 3 tahun 2012, tercatat bahwa video streaming mendominasi trafik data secara global dari ponsel pintar sebesar 25%, sedangkan tablet sebesar 40%.

"Konsumsi konten akan meningkat, tren di Indonesia mirip dengan tren global," kata Hardyana Syintawati, Vice President Marketing and Communications Ericsson Indonesia, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Ia memprediksi penggunaan video streaming di Indonesia akan meningkat karena makin banyak pengguna yang menonton video di YouTube. Apalagi, toko multimedia online iTunes telah dibuka untuk Indonesia.

Setelah video streaming, sumbangsih terbesar kedua terhadap volume trafik data ditempati oleh kegiatan berselancar situs web, dan peringkat tiga diisi aktivitas mengunduh ataupun meng-update perangkat lunak.

Ericsson Mobility Report, kuartal 3 tahun 2012

Secara keseluruhan, penetrasi seluler secara global mencapai 91% di kuartal ketiga 2012, dan total jumlah pelanggan seluler saat ini sekitar 6,4 miliar. Indonesia, menurut Ericsson, diprediksi menyumbang sekitar 7 juta pelanggan seluler selama kuartal 3 tahun 2012.

Pelanggan seluler mengalami pertumbuhan antara 9% dari tahun-ke-tahun, dan sekitar 2% dari kuartal-ke-kuartal.

Ericsson berharap pelanggan seluler secara global bisa mencapai 6.6 milyar pada akhir 2012 dan 9.3 milyar pada akhir 2018. Data tersebut tidak termasuk pelanggan M2M (machine-to-machine).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com