Kompas.com - 13/12/2012, 08:48 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Keputusan Apple untuk meninggalkan Google Maps dan membuat peta digital sendiri kembali memakan korban.

Setelah membuat beberapa petinggi Apple mengundurkan diri, aplikasi peta digital tersebut sukses membuat beberapa orang tersesat.

Para korban yang menggunakan sepeda motor tersebut sebenarnya ingin pergi ke pusat kota Mildura. Namun, Apple Maps malah mengantarkan mereka ke taman nasional Murray Sunset yang berjarak sekitar 70 km dari lokasi sebenarnya.

Parahnya, seorang korban dinyatakan ada dalam status yang membahayakan karena korban tersebut tidak berhasil menemukan makanan dan minuman selama hampir 24 jam tersesat.

Oleh karena masalah ini, kritikan begitu banyak mengalir ke Apple. Perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut pun langsung memperbaiki data Apple Maps khusus untuk wilayah Mildura tersebut.

Samsung, pesaing utama Apple, langsung bereaksi terhadap masalah tersebut. Mereka langsung membuat sebuah langkah marketing yang unik untuk menyindir Apple Maps.

Dikutip dari CNET, Kamis (13/12/2012), di salah satu sudut kota Sydney, Australia, Samsung meletakkan sebuah banner dengan tulisan, "Oops, harusnya punya Samsung Galaxy SIII. Dapatkan navigasi yang dapat Anda percaya". Banner tersebut seperti ingin menunjukkan Samsung memiliki sistem navigasi yang lebih baik.

Selain itu, di sebelah banner terdapat sebuah mobil yang dipenuhi lumpur, tenda, kursi, dan sebuah lampu. Properti tersebut ditaruh seperti ingin menegaskan sistem navigasi milik Samsung tidak akan membawa para penggunanya tersesat.

 

 

CNET
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.