Mutakhir BTS, Layanan Indosat "Redup" 3 Jam Per Hari

Kompas.com - 13/12/2012, 11:47 WIB
EditorReza Wahyudi

Aditya Panji/KompasTekno Kantor Indosat berhias kain batik pada Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat sedang melakukan modernisasi jaringan di Jakarta, Bandung, dan Bali. Pada masa modernisasi, layanan Indosat akan mengalami gangguan selama beberapa bulan.

Modernisasi jaringan meliputi penggantian antena, peralatan radio, dan beberapa alat lainnya di menara base transceiver station (BTS). Di 3 kota tersebut, pembaruan perangkat telekomunikasi butuh waktu setidaknya 3 bulan.

Director & Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer, mengatakan, pembaruan perangkat telekomunikasi di BTS itu tak bisa dilakukan pada malam hari karena ukuran alat yang besar. Jadi, pembaruan perangkat akan dilakukan pagi hari.

"Pelanggan akan mengalami gangguan selama 3 jam per hari. Karena, di sekitar wilayah tempat pelanggan berada akan ada satu BTS yang dimatikan," kata Erik di Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Dinonaktfikannya 1 BTS ini akan mengganggu sebagian jaringan Indosat. Ponsel pelanggan akan mencari sinyal dari BTS lain yang menyala.

Modernisasi jaringan dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan seluler voice (telepon), SMS, dan data (internet). Indosat memperbarui perangkat untuk memaksimalkan penyelenggaraan jaringan 3G di pita frekuensi 900MHz, dan layanan Wi-Fi.

Setelah Jakarta, Bandung, dan Bali, pembaruan perangkat telekomunikasi akan dilakukan di kota lainnya. Menurut Erik, proses modernisasi jaringan di seluruh Indonesia akan berlangsung selama 3 tahun ke depan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.