Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mutakhir BTS, Layanan Indosat "Redup" 3 Jam Per Hari

Kompas.com - 13/12/2012, 11:47 WIB

Aditya Panji/KompasTekno Kantor Indosat berhias kain batik pada Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat sedang melakukan modernisasi jaringan di Jakarta, Bandung, dan Bali. Pada masa modernisasi, layanan Indosat akan mengalami gangguan selama beberapa bulan.

Modernisasi jaringan meliputi penggantian antena, peralatan radio, dan beberapa alat lainnya di menara base transceiver station (BTS). Di 3 kota tersebut, pembaruan perangkat telekomunikasi butuh waktu setidaknya 3 bulan.

Director & Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer, mengatakan, pembaruan perangkat telekomunikasi di BTS itu tak bisa dilakukan pada malam hari karena ukuran alat yang besar. Jadi, pembaruan perangkat akan dilakukan pagi hari.

"Pelanggan akan mengalami gangguan selama 3 jam per hari. Karena, di sekitar wilayah tempat pelanggan berada akan ada satu BTS yang dimatikan," kata Erik di Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Dinonaktfikannya 1 BTS ini akan mengganggu sebagian jaringan Indosat. Ponsel pelanggan akan mencari sinyal dari BTS lain yang menyala.

Modernisasi jaringan dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan seluler voice (telepon), SMS, dan data (internet). Indosat memperbarui perangkat untuk memaksimalkan penyelenggaraan jaringan 3G di pita frekuensi 900MHz, dan layanan Wi-Fi.

Setelah Jakarta, Bandung, dan Bali, pembaruan perangkat telekomunikasi akan dilakukan di kota lainnya. Menurut Erik, proses modernisasi jaringan di seluruh Indonesia akan berlangsung selama 3 tahun ke depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com