Akhirnya Google Maps Hadir di iPhone

Kompas.com - 13/12/2012, 13:27 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com -  Setelah "dibuang" beberapa bulan, Google Maps akhirnya kembali hadir di perangkat berbasis (Apple) iOS 6.

Peta digital besutan Google ini telah tersedia dan dapat diunduh di App Store mulai hari ini, Kamis (13/12/2012). Namun, saat ini baru tersedia untuk iPhone, untuk iPad dan iPod touch segera menyusul.

Google sudah memberikan tautan langsung untuk mengunduh aplikasi ini. Namun dari pengamatan KompasTekno, saat berita ini ditulis, Google Maps untuk iOS6 ini belum tersedia di App Store Indonesia.

Aplikasi Google Maps yang dirancang khusus untuk iOS 6 ini memiliki fitur yang sama dengan yang terdapat di Android. Fitur-fitur seperti, panduan navigasi dengan suara, informasi transport lokal, Street View, dan tampilan 3D Google Earth ikut disertakan di aplikasi gratis ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Apple telah menarik kembali keputusannya untuk "membuang" Google Maps dari iOS6. Apple Maps yang digadang-gadang bisa menggantikan peta buatan Google tersebut ternyata tak sesuai harapan. Informasi yang disajikan Apple Maps ternyata banyak yang kurang akurat dan banyak dikeluhkan pengguna.

Atas masalah ini, CEO Apple Tim Cook bahkan meminta maaf kepada para pengguna perangkat berbasis iOS 6. Selain itu, perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut menyatakan agar para pengguna menggunakan aplikasi peta lain untuk sementara.

Atas masalah ini, pengguna pun meminta Google menghadirkan kembali aplikasi peta digital buatan mereka di perangkat iPhone dan iPad. Permintaan ini ternyata didengar Apple.

Dengan hadir kembalinya Google Maps di perangkat mobile Apple, sepertinya masalah penunjuk jalan di iPhone dan iPad akan segera berakhir.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X