Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Markplus Conference 2013

Telkom Ingin Tiru Apple

Kompas.com - 13/12/2012, 13:37 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) mengakui kehebatan Apple. Dalam bisnisnya, perusahaan telekomunikasi pelat merah ini ingin mengadopsi apa yang telah dilakukan Apple agar bisa juga dikenal di seluruh dunia.

Direktur IT and Supply Telkom Indra Utoyo menjelaskan meski ditinggal oleh pendirinya Steve Jobs, namun teknologi Apple dalam perkembangannya masih menjadi terdepan. Telkom kini yang memiliki visi sebagai perusahaan telekomunikasi, informasi, media dan edutainment (TIME) ini juga meniru Apple.

Indra menjelaskan keunggulan Apple dibandingkan perangkat keras lainnya, adalah kemudahan yang selalu diberikan Apple dalam jenis apapun. Indra Utoyo mengakui kehebatan Apple bisa memberikan kemudahan untuk berbagai umur.

"Apple membentuk layanan sama, dari anak tiga tahun bahkan sampai nenek-nenek bisa menggunakannya,"ujar Indra Utoyo di seminar The Markplus Conference 2013 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Karena terlalu mudah, tidak ada buku panduan cara menggunakan perangkat Apple jenis apapun. Karena hal itu Indra menghimbau agar para pengembang teknologi bisa bersaing dengan mengikuti keunggulan Apple.

"Kalau dicari buku petunjuk cara penggunaan Apple tidak ada, karena sangat mudah digunakan. Ini adalah tantangan inovasi," tambahnya.

Apple ini memang memiliki kehebatan soal perangkat lunaknya (software). Dengan memiliki ekosistem konsumen sendiri, Apple sejak dulu hingga kini dinilai mampu menjual produk-produknya secara fantastis. Bahkan bisa mengalahkan vendor-vendor lain. Ini adalah berkat kesuksesan produk dan cara marketing Steve Jobs, sang pendirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com